Keberhasilan Acara Gumregah, Bangunkan Wisata Kulon Progo

  • 28 September 2020 00:00:00
  • 488 views

Wates - Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo menerima audiensi panitia event Gumregah Wisata Nusantara Kulon Progo, di ruang rapat Menoreh, kompleks Pemkab Kulon Progo, Jumat (25/9/2020).

Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi acara Gumregah wisata Nusantara Kulon Progo yang telah digelar selama dua hari pada 15 sampai 16 September 2020 di Bandara Internasional Yogyakarta. Turut hadir penanggung jawab acara Gumregah Wisata Nusantara Kanjeng Mami Zanti, Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo Joko Mursito S.Sn, M.A., Kepala Dinas Kebudayaan Kulon Progo Dra. Niken Probo Laras, S.Sos, M.H, panitia kegiatan event Gumregah Wisata Nusantara dan OPD Kabupaten Kulon Progo.

Kanjeng Mami Zanti mengatakan bahwa kedatangannya ini untuk sowan ke Pemkab Kulon Progo dalam rangka audiensi acara Gumregah Wisata Nusantara yang sempat batal pada tanggal 21 September 2020 akibat ada agenda lain. Ia juga mengucapkan rasa terima kasih kepada Bupati karena telah hadir dan membuka acara Gumregah Wisata Nusantara pada Selasa (15/9/2020). “Alhamdulillah acara berlangsung dengan lancar dan aman,” ucap Kanjeng Mami.

Lebih lanjut bahwa pihaknya juga meminta maaf apabila dalam pelaksanaan kegiatan tersebut masih banyak kekurangan. Hal ini disebabkan acara seperti ini merupakan acara yang pertama di Kulon Progo. Meskipun sebelumnya sering melakukan hal serupa, namun pihaknya belum pernah bekerja sama dengan pemkab. Sehingga perlu adanya evaluasi dari pemkab Kulon Progo berkaitan acara Gumregah Wisata Nusantara yang telah terlaksana.

“Acara ini dilakukan sebagai upaya untuk menyemangati dan meramaikan pariwisata di Kulon Progo,” imbuhnya.

Sementara itu, Sutedjo mengucapkan selamat dan terima kasih kepada panitia Gumregah Wisata Nusantara atas keberhasilan acara yang telah dilakukan. Sutedjo menambahkan bahwa dalam acara Gumregah Wisata Nusantara ini, Kanjeng Mami dan para jajarannya telah membangunkan wisata di Kulon Progo. Ia berharap bahwa dengan bangunnya wisata di Kulon Progo ini, harapannya wisata tidak hanya sekedar bangun, tetapi bisa menambah para wisatawan baru untuk berkunjung ke Kulon Progo.

“Event ini sangat menginspirasi, memotivasi dan mendorong wisata di Kulon Progo sehingga membangunkan dari tidur yaitu gumregah yang artinya setelah bangun wisatanya kemudian dapat aktif dalam setiap aktivitas,” ujarnya.

Selain itu, Sutedjo memberikan masukan agar kedepannya Kanjeng Mami dan jajarannya agar dapat bekerja sama dan berkolaborasi dengan OPD di Kabupaten Kulon Progo agar dapat membantu membangun wisata di Kulon Progo sehingga mampu menarik perhatian pengunjung. Menurutnya acara seperti ini diharapkan akan terus diadakan, untuk menghidupkan pariwisata dan budaya yang ada di Kulon Progo. MC Kulon Progo/Novi/Erika/Widia.