Pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Kabupaten Kulon Progo Tahun 2024

  • 29 Januari 2024 00:00:00
  • 664 views

Panjatan- Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kabupaten Kulon Progo Tahun 2024 dengan tema " MTQ Mewujudkan Revolusi Mental Menuju Insan Yang Qurani " berlangsung meriah di SMK N 1 Panjatan dusun Cerme 5 kalurahan Cerme kapanewon Panjatan, Sabtu(27/1/2024).

MTQ tahun 2024 di Kapanewon Panjatan mengambil tema "MTQ MEWUJUDKAN REVOLUSI MENTAL MENUJU INSAN YANG QUR'ANI". Tema ini relevan dengan situasi saat ini di tengah gempuran massif arus informasi dan globalisasi perlu sikap mental yang teguh dan berkarakter islami yang berlandaskan dan mengamalkan Al Quran dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kegiatan ini diikuti oleh utusan 12 Kapanewon se-Kabupaten Kulon Progo.

MTQ Tingkat Kabupaten ini digelar dalam rangka menyeleksi qori/qoriah dan hafiz/hafizhah terbaik dari seluruh Kapanewon yang akan diutus mewakili Kabupaten Kulon Progo pada MTQ tingkat Provinsi DIY.

H Jazil Ambar WasaanI  Asda 1  merangkap sebagai Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran Kabupaten Kulon Progo dalam laporanya menyampaikan Musabaqah tilawatil Qur'an (MTQ) merupakan salah satu agenda Kabupaten yang merupakan upaya khusus untuk meningkatkan dan mendorong masyarakat untuk mencintai Al-Quran, memahami isinya, merealisasikan pemahaman tersebut di dalam kehidupannya.

" Semoga dengan terlaksananya MTQ di Kapanewon Panjatan, kita dapat mengambil dan mengamalkan isi kandungan Al Qur'an dengan sebaik baiknya sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari,"imbuh Jazil.

Sementara Penjabat (Pj) Buapti Kulon Progo Ni made Dwipanti Indrayanti,S.T. , M.T menyambut baik kegiatan MTQ dan selamat berlomba kepada seluruh kafilah dengan harapan semoga dapat melaksanakan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya Penyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Kabupaten Kulon Progo.

"Kegiatan MTQ Tingkat Kabupaten Kulon Progo merupakan upaya khusus untuk mencintai Al Qur'an, mendorong untuk memahami isinya, disamping itu juga sebagai media silaturahim warga Kabupaten Kulon Progo guna melakukan seleksi untuk calon kafilah Kabupaten Kulon progo dalam mengikuti MTQ Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta," terang Made.

Adapun MTQ yang di lombakan  sebagi berikut tartil Pa/Pi,tilawah anak Pa/Pi,tilawah remaja Pa/Pi,
tilawah dewasa,tahfidz 1 JUZ dan tilawah Pa/Pi,tahfidz 5 JUZ dan tilawah Pa/Pi,tahfidz 20 JUZ Pa/Pi,
tahfidz 30 JUZ Pa/Pi,syarhil qur'an Pa/Pi,fahmil qur'an Pa/Pi,khot al-Qur'an Hiasan dan naskah Pa/Pi, qhot al-Qur'an dekorasi dan Kmkontemporer Pa/Pi. /MC.Kab.Kulon Progo/humas