Wabup Kulon Progo Fajar Gegana Uji Coba Oprasional Tebatas Di Wisata Air Terjun Kedung Pedut

  • 14 Juli 2020 00:00:00
  • 1895 views

Wakil Bupati (Wabup) Kulon Progo Fajar Gegana melakukan veritifikasi uji coba oprasional terbatas pada destinasi wisata. Uji coba kali ini di Objek Wisata Air Terjun Kedung Pedut, Kapanewon Girimulyo. Senin (13/7/2020). Kunjungan didampingi Asisten Perekonomian Pembangunan dan SDA Ir.Tri Budi Harsono, MM, perwakilan OPD, panewu dan lurah.

Simulasi ini sebagai kesiapan akan dibukanya destinasi wisata pada normal baru, uji coba dilakukan dengan meninjau sejumlah kesiapan seperti tempat cuci tangan, pengukuran suhu tubuh, imbauan memakai masker, jalan yang berjarak untuk sosial distancing serta simulasi penanganan pengunjung yang sakit di tempat wisata oleh petugas Kesehatan yang bertugas di posko kesehatan. 

Menurut Wakil Bupati Fajar Gegana sekaligus ketua gugus tugas Covid-19 daerah Kulon Progo mengatakan protokol kesehatan yang diterapkan oleh petugas wisata sudah terpenuhi mulai dari ruang isolasi, APD, tempat cuci tangan.

“Kapasitas pengunjung maksimal ke tempat wisata Air Terjun di Kedung Pedut adalah 70 persen diperuntukan untuk pengunjung dan kapasitas untuk di kolan renang maksimal 50 persen,” ujarnya.

Selain itu, Ia menginginkan di wisata Air Terjun Kedung Pedut memiliki tempat membeli oleh-oleh makanan khas Kulon Progo. Semoga setelah uji coba tidak terjadi apa-apa, dan pengunjung serta pengelola mempunyai keasadaran diri terhadap wabah Covid-19.

Wakil Bupati berharap bahwa air selalu diberi anti backteri untuk mengatasi virus Covid-19 melalui air. Kapasitas pengunjung maksimal ke tempat wisata Air Terjun Kedung Pedut adalah 70 % pengunjung, dan kapasitas untuk di kolan renang maksimal harus 50 %.  Wakil Bupati juga berharap di daerah wisata Air Terjun Kedung Pedut memiliki objek oleh-oleh untuk makanan khas dari Kulon Progo. Harapan setelah uji coba tidak terjadi apa-apa, dan pengunjung serta pengelola mempunyai keasadaran diri terhadap Covid-19” 

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata Kulon Progo Nining Kunwantari mengatakan Dinas Pariwisata akan mengarahkan apa yang kurang dan memperbaiki apa yang masih belum benar, jika ada penambahan-penambahan yang di perlukan seperti showroom makan akan di pantau terus perkembangannya.

“Dinas Parwisata juga akan melakukan pemantauan pada saat uji coba terbatas seperti jumlah pengunjung dan physical distancing. Sebelum uji coba terbatas terapkan maka akan di buatkan rekomendasi terlebih dahulu,” ujarnya.

Seorang pengelola wisata, Yuhono menuturkan  sebagai pengelola wisata Air Terjun Kedung Pedut kami mengucapkan terimaksih kepada para tamu undangan yang sudah mengikuti simulasi.

“Petugas masih menunggu mengenai surat rekomendasi ijin untuk melayani pengunjung dan  pengelola sudah siap akan dibukanya objek wisatanya. Selain itu, beberapa kekurangan protokol kesehatan untuk menghadapi Covid-19, terus kami upayakan untuk ditambah dan bertahap,” kata  Yuhono

Acara simulasi di akhiri dengan pemberian spanduk, masker, kepada petugas dan lurah Objek Wisata Air Terjun Kedung Pedut oleh Wakil Bupati, Dinas Pariwisata, dan Dinas Kesehatan. MC Kulon Progo/Desta/har/