25 Aug 2019

KULON PROGO AKAN MINTA BANTUAN UGM MENELITI TANAH AMBLES

Bupati Kulon Progo Toyo Santoso Dipo akan minta bantuan UGM Yogyakarta untuk melakukan penelitian tentang kejadian tanah ambles di belakang rumah Atemo Suwito, Sabrangdidul, Purwosari, Girimulyo. Penelitian itu dimaksudkan untuk mengetahui apakah benar di bawah tanah yang ambles terdapat sungai bawah tanah seperti ungkapan banyak
orang, jenis batuannya serta penyebab ambles.

"Kalau sudah diteliti nanti akan dapat diketahui secara jelas penyebabnya serta benar tidaknya dugaan adanya sungai bawah tanah. Di samping itu akan menjadi referensi bagi pemerintah dan masyarakat untuk penanganan dan pengendaliannya bagi kasus-kasus serupa," ujar Bupati Kulon Progo Toyo Santoso Dipo kepada wartawan, saat melakukan peninjauan di lokasi tanah ambles, Kamis (7/10).


Pada kesempatan tersebut Toyo Santoso didampingi Kepala Dispartahut Bambang Tri Budi Harsono, Kabag TI dan Humas Widodo, Camat Girimulyo Sumiran serta beberapa pejabat Pemkab Kulon Progo. Saat romobongan tiba di lokasi, puluhan warga setempat sedang bergotong royong menimbun lubang yang berada persis di belakang rumah Atemo Suwito. Sementara rumah Atemo pada bagian belakang telah dirobohkan. Anggota keluarga Atemo sudah pindah di rumah tetangga dekat.


Toyo Santoso juga mengingatkan agar warga senantiasa waspada, "Karena saat ini masih sering terjadi hujan deras, jadi kewaspadaan bisa dilakukan dengan saling memberi informasi bila terjadi tanda-tanda bencana agar kerugian bisa diminimalisir," imbuh Toyo.


Sementara itu salah seorang warga Sabrangkidul Midi (80) mengatakan, kejadian tanah ambles di Pedukuhan cukup sering terjadi. Seingat Midi, sudah ada 4 kejadian serupa. Namun biasanya tanah ambles berbentuk seperti sumur, dengan kedalaman sekitar 5 meter. "Yang di rumah Atemo ini agak aneh, bentuknya persegi dan di sekitarnya terdapat rekahan memanjang. Biasanya tidak ada rekahan dan setelah ditimbun tidak ambles lagi serta tidak membahayakan areal sekitarnya," jelas Midi. (-) 

Tags :  

Berita Terkait

SubDomain