PEMASARAN TEH ROSELLA BELUM OPTIMAL

  • 26 September 2009 08:52:23
  • 4282 views

 Mungkin karena kurangnya promosi atau ketidaktahuan akan khasiatnya, hingga saat ini  pemasaran Teh Rosella produksi rumah tangga anggota kelompok UPPKS Lestari Dusun Trayu, Desa Ngargosari, Kecamatan Samigaluh masih belum optimal. Meskipun sekarang ini pemasaran Teh Rossella produksinya sudah menembus sampai ke Riau, Kupang, Bali dan Yogya selain pasar lokal, tetap saja serapannya masih sangat sedikit sehingga terkesan kurang laku. Atas dasar itu, dibutuhkan peyebarluasan informasi yang lebih intensif tentang keberadaan Teh Rosella ini sekaligus manfaatnya bagi kesehatan oleh pihak-pihak terkait terutama Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPDP dan KB) yang mengampu kegiatan pengembangan kelompok UPPKS di Kabupaten Kulonprogo.

Demikian dikatakan oleh Ibu Sri Hardiningsih atau lebih dikenal Ny. Bambang Wijono, salah satu anggota kelompok UPPKS Lestari yang mengembangkan industri rumah tangga Teh Rosella, saat ditemui di kediamannya di RT 033 RW 013 Ngargosari, Samigaluh,  Kamis (24/9).  Ditambahkan oleh Ny. Bambang, hal serupa juga terjadi pada penjualan produk rumah tangganya yang lain, yang berupa Teh Salam Mahkota Desa. Pemasaran produk ini juga belum optimal, walaupun jangkauan pemasarannya saat ini sudah sampai ke Riau, Palembang, Kalimantan (Banjarmasin), Sulawesi (Makasar), Kupang dan Bali.  Karena serapan yang kurang optimal ini, upaya produksinya juga optimal, walaupu sebenarnya masih ditingkatkan kuantitasnya. Hal ini berbeda dengan pemasaran enting-enting jahe buatannya yang boleh dibilang laris manis, produksinya yang rata-rata 400 bungkus per hari selalu habis terjual dengan jangkauan pemasaran mulai dari Yogya, Solo, Bali, hingga Pekanbaru. Bahkan dari Pekanbaru, produksinya telah dipasarkan oleh distributor hingga ke Negeri Jiran (Malaysia).

Menurut Ny. Bambang yang saat ini memberdayakan paling tidak 30 orang warga sekitar untuk mendukung produksi rumah tangganya tersebut, Teh Rosella merupakan minuman segar alami yang menyehatkan. Minuman tradisionil produksi rumah tangganya ini memiliki aroma dan rasa yang khas karena berbahan baku dari bunga rossela pilihan yang diolah dengan cermat dan higienis. Adapun khasiat dari Teh Rossela ini antara lain: menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan stamina, mengobati batuk dan TBC, meningkatkan fungsi liver, menurunkan trigliserida dan LDL-C, mengatasi osteoporosis, mengobati cacingan, anti bakteri, anti kejang, pelancar BAB dan BAK, dan lain-lain.

”Minum Teh Rosella tidak ada ruginya, karena teh ini benar-benar menyehatkan. Saya sendiri rutin meminumnya, dan saya merasakan badan saya tetap fit meskipun aktivitas sehari-hari sangat banyak,”  katanya serasa menambahkan bagi kosumen yang menginginkan produknya dapat berhubungan langsung dengan dirinya melalui kontak telepon (0274)7492816 atau HP 081328055338.

 

 

 

Sumber berita: Drs. Mardiya

Kasubid Advokasi Konseling dan Pembinaan Kelembagaan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi, Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kulonprogo

HP. 081328819945