Hari Koperasi Nasional ke-75, Transformasi Untuk Membaguan Ekonomi Berkelanjutan

  • 29 Juli 2022 00:00:00
  • 819 views

Puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-75 di Pantai Mlarangan Asri, Kalurahan Pleret, Panjatan. Rabu (27/07/2022). Diselenggarakan Dinas Koperasi UKM Kulon Progo berkolaborasi Dinas Pariwisata dengan kegiatan Sambang Kulon Progo (Sambanggo).  Sejumlah acara digelar di antaranya sarasehan dan penyerahan penghargaan serta hadiah lomba.

Tema Hari Koperasi Ke-75 Tahun 2022, yakni “Transformasi Koperasi Untuk Ekonomi Berkelanjutan”, dan tagline “Ayo Berkoperasi”. Pada sarasehan tersebut dipandu moderator Den Baguse Ngarso dan Rio Srundeng, disiarkan secara live streaming oleh Dinas Kominfo melalui kanal You Tube Kulon Progo TV.

Ketua Panitia Drs. Wahyu Pujianto, MM selaku Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kulon Progo mengatakan Hari Koperasi Ke-75 Tahun 2022, menjadi momentum transformasi untuk membaguan ekonomi berkelanjutan, diharapkan gerakan ayo berkoprasi untuk meningkatkan literasi perkoperasian agar diminati generasi muda.

“Mensinergikan antara pusat dan daerah, mengelorakan ayo berkoprasi kepada generasi muda,” ujarnya

Dalam sarasehan Koprasi, Pj.Bupati Kulon Progo Drs.Tri Saktiyana M.Si menyebut dalam berkoperasi bisa lebih maju dan berkembang perlu dilakukan kolaborasi, kerjasama, gotong royong agar lebih baik.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi UKM Kulon Progo, Iffah Mufidati, SH, MM menyebut ada 276 koperasi dan 221 di antaranya aktif sementara 55 sisanya pasif. Untuk koprasi pasif, pihaknya akan melakukan pembinaan namun kalau tetap tidak aktif maka akan dilakukan pembubaran yang diusulkan kepada Kementerian Koprasi.

Selain itu, Ia menambahkan terkait koperasi yang menerapkan pinjaman dengan jasa tinggi, Dinas Koperasi UKM Kulon Progo siap menelusuri dan mendorong untuk membentuk lembaga koperasi di lokasi yang banyak renternir guna meringankan beban peminjam.

“Kami terus mendorong kepada anggota koperasi untuk membantu anggotanya:” ujarnya

Diakhir acara dilanjutkan dengan penyerahan Penghargaan Koperasi Berprestasi Tingkat Kabupaten Kulon Progo dengan kategori Koperasi Produsen, Koperasi Pemasaran, Koperasi Jasa, dan Koperasi Simpan Pinjam dan penyerahan hadiah pemenang lomba tangkas terampil tingkat SMP/sederajat Kabupaten Kulon Progo.

Kegiatan tersebut dikemas dengan acara sarasehan, dengan tampilnya penari dari Sanggar Padmo Kinanthi yang menyuguhkan tarian Kenya Samodra, pada sarasehan menampilkan narasumber Pj.Bupati Kulon Progo Drs.Tri Saktiyana M.Si, Ketua DPRD Kulon Progo Akhid Nuryati, Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Ir. Srie Nurkyatsiwi M.M.A, kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo, S.H,M.Ed., Paniradya Pati Paniradya Kaistimewan DIY Aris Eko Nugroho, SP. M.Si, Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo, SH. M.Ed dan Ketua BMT Surya Parama Arta Sentolo Drs. H. Kasdiyono.  MC Kab.Kulon Progo/hms