Desa Wisata Widosari Samigaluh Masuk 50 Besar, Ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia

  • 05 Juli 2022 00:00:00
  • 565 views

Samigaluh - Desa Wisata Widosari, Ngargosari, Samigaluh, Kulon Progo berhasil masuk 50 besar dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Peninjauan dan penilaian dihadiri langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menteri Parekraf ) Sandiaga Uno, pada Sabtu (2/7/2022) sore.

ADWI merupakan ajang pemberian penghargaan kepada desa-desa wisata yang memiliki prestasi dengan kriteria-kriteria penilaian dari Kemenparekraf/Baparekraf. Event ini bertujuan menjadikan desa wisata Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia dan berdaya saing tinggi. 

Menteri Parekraf  Sandiaga Uno mengatakan jarang ada kabupaten/kota di Indonesia yang bisa berturut-turut mengirimkan perwakilan desa wisatanya hingga masuk 50 besar desa wisata terbaik. Pada ADWI 2021 lalu, Kulon Progo berhasil mengirimkan wakil yaitu Desa Wisata Tinalah sehingga masuk 50 besar. 

“Desa wisata Widosari bisa tembus 50 besar desa wisata terbaik. Tidak mudah. Karena tahun lalu Desa Wisata Tinalah dan ini adalah bagian dari kabupaten yang back to back, jadi tahun lalu dapat, tahun ini dapat, jarang sekali ada seperti ini. Jadi saya ucapkan selamat kepada Kulon Progo dan DIY," ucapnya.

Sandiaga menambahkan dalam penyelenggaraan ADWI 2022, pihaknya menggandeng berbagai pihak, seperti perusahaan swasta, Desa-desa wisata dapat bantuan dan pembinaan, sebagai upaya membangkitkan perekonomian masyarakat akibat pandemi COVID-19. 

Selain itu, pada Januari 2023 mendatang DIY bakal menjadi tuan rumah Asean Tourism Forum. Dalam kegiatan itu, desa wisata di seluruh DIY akan dilibatkan.

Sementara itu, Pj Bupati Kulon Progo Drs.Tri Saktiyana M.Si mengatakan menyampaikan rasa bangga  dan apresiasi kepada seluruh perangkat Kalurahan, Kapanewon, Pokdarwis dan setiap elemen masyarakat di Kalurahan Widosari Kapanewon Samigaluh Kabupaten Kulon Progo atas kerja kerasnya dalam menciptakan dan mengembangkan Desa Wisata ini.

“Semoga kerja keras yang telah kita lakukan membawa hasil yang memuaskan,” ujarnya

Tri Saktiyana menambahkan melalui event Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) ini, Kementerian Parekraf RI ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk semakin mengetahui potensi besar dari desa wisata. Ajang ini sekaligus menjadi momen yang tepat untuk mendongkrak ekonomi kerakyatan secara nasional.

“Semoga hasil yang telah diraih oleh Desa Wisata Widosari ini menjadi inspirasi bagi Desa-Desa lainnya untuk mengembangkan potensi wisata di masing-masing wilayah, sehingga perekonomian masyarakat terangkat,” pungkasnya.  MC Kab.Kulon Progo/hr/pic @anugerahdesawisataindonesia