Kulon progo Gelar "Kolaborasi Fashionshow Wisata Perbatasan"

  • 30 Maret 2022 00:00:00
  • 470 views

Temon, Sebagai wujud penguatan pariwisata di wilayah perbatasan Kulon Progo, Pemkab Kulon Progo melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo gelar Kolaborasi Fashion Show Wisata Perbatasan yang dilangsungkan depan Pintu Keberangkatan Bandara YIA, Minggu (27/3/2022).

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo Joko Mursito menyampaikan kegiatan ini merupakan gerakan penguatan wisata di wilayah-wilayah perbatasan melalui media budaya atau penanamam nilai-nilai budaya.

"Kami merasa ada sensitifitas destinasi wisata diwilayah perbatasan, oleh karenanya kita kemas menjadi kolaborasi wisata budaya, karena dengan media budaya kita mencoba membentengi dari maraknya budaya luar," kata Joko.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 12 Desa Wisata yang berada di wilayah perbatasan dengan kabupaten tetangga yang menampilkan gelaran pertunjukan kolaborasi budaya dalam bentuk fashion show, tari dan musik. Dengan tiga penampil terbaik yaitu Desa Wisata Banjarasri Kalibawang terbaik 3, Desa Wisata Kalibiru terbaik 2, Desa Wisata Widosari Ngargosari terbaik 1.

"Pada awalnya kita tidak ada penilaian, namun dari desa wisata menginginkan adanya penilaian untuk mengukur sejauh mana upaya mereka dalam berkarya. Selain itu besar harapan kami dengan agenda hari ini juga bisa mendongkrak promosi wisata di Kulon Progo,"imbuh Joko

Sementara itu Bupati Kulon Progo Drs. H Sutedjo mengapresiasi kegiatan promosi wisata kolaboratif tersebut, dengan harapan potensi-potensi wisata maupun desa wisata di wilayah perbatasan dapat lebih dikenal luas meskipun berada di wilayah perbatasan.

"Perlu kolaborasi kebersamaan untuk mengangkat potensi wisata diperbatasan, ini baru desa wisata kita di wilayah perbatasan, kedepan mungkin bisa berkolaborasi dengan desa wisata dari kabupaten lain disekitar perbatasan untuk saling mendongkrak pariwisata," kata Sutedjo. MC.Kab Kulon Progo