Bupati Kulon Progo Terima Audensi Bawaslu Kabupaten Kulon Progo

  • 01 Desember 2021 11:36:49
  • 58 views

Wates, Sebagai langkah persiapan tahapan pelaksanaan Pemilu tahun 2024, Ketua Bawaslu Kabupaten Kulon Progo berserta jajarannya melaksanakan audiensi dengan Bupati Kulon Progo Drs.H Sutedjo bertempat di Ruang Menoreh Komplek Kantor Pemkab Kulon Progo, (30/11/2021).

Turut mendampingi Bupati, Asisten Pemerintahan Setda Kabupaten Kulon Progo Drs. Jazil Ambar Was'an, Kasat Polisi Pamong Praja Drs. Sumiran, Kepala Dinas Kominfo Agung Kurniawan S.IP M.Si, Kepala Badan Kesbangpol Budi Hartono S.Si M.Si, Kabag Hukum Muhadi S.H M.Hum, Kabag Pemerintahan Drs. Duana Heru Supriyanta M.M serta Kabag Kesra Setda Kabupaten Kulon Progo Heri Darmawan A.P.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kulon Progo yang sekaligus Komisioner Bidang Humas, Ria Harlinawati S.IP M.A menyampaikan audiensi tersebut bertujuan untuk menjalin kerja sama dengan Pemkab Kulon Progo dalam hal ini perangkat daerah terkait, didalam hal pengawasan Pemilu 2024 nanti.

"Dalam kesempatan ini kami mohon ada kerjasama dalam hal pengawasan Pemilu, yang sesuai analisa kami terdapat 11 OPD yang nantinya bisa bekerjasama dalam kegiatan tersebut," kata Ria.

Dijelaskan Ria, walapun Pemilu 2024 secara tahapan baru dimulai pada tahun 2022, namun tentunya butuh kesiapan yang matang sejak dini. Bahkan sejak tahun 2020 dan 2021 pihaknya telah melaksanakan program antisipasi untuk menyongsong Pemilu, sehingga harapannya pada tahun 2022, proses lanjutan bisa langsung dijalankan.

"Dengan minimnya SDM yang kami miliki dan beban berat ketugasan kami, maka kami haturkan terima kasih atas bantuan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dalam hal fasilitasi yang nantinya diberikan tersebut," terang Ria.

Adapun 11 OPD yang akan digandeng diantaranya Dinas PMD Dalduk dan KB (kerjasama terkait netralitas Pemerintah Desa), Dinas Sosial PPA (kerjasama terkait disabilitas dan kelompok rentan), Dinas Dukcapil (kerjasama terkait pengawasan data Pemilih), Dinas Kominfo (kerjasama terkait aplikasi dan persuratan), Dinas Kebudayaan (kerjasama terkait sosialisasi melalui event budaya), Dinas Pariwisata (Kerjasama melalui event pariwisata), Badan Kepegawaian Pendidikan Pelatihan (kerjasama terkait netralitas ASN), Satuan Polisi Pamong Praja (kerjasama terkait ketertiban), Dinas Perpustakaan dan Arsip (kerjasama terkait pengarsipan), Badan Kesbangpol (kerjasama terkait pendidikan pemilih), Bagian Hukum (kerjasama terkait produk hukum).

Menanggapi audiensi Bawaslu tersebut, Bupati Kulon Progo Drs. H Sutedjo menyambut baik rencana kerjasama tersebut dalam kontek membangun kebersamaan sehingga tahapan aktivitas konstitusi nantinya dapat terlaksana dengan baik.

Sutedjo berharap nantinya komitmen kerjasama tersebut bisa dituangkan melalui MOU dan ditindaklanjuti dengan Perjanjian Kerjasama yang memuat hak dan kewajiban lebih rinci antara kedua belah pihak.

"Silakan ini nanti dibahas bersama, pesan saya, bahwa tujuan yang baik agar dilakukan secara baik untuk menghasilkan sesuatu yang baik pula," pesan Sutedjo. MC.Kab.Kulon Progo/humas/rani/agesti/tn.