Lantik 69 Lurah, Bupati Minta Pemerintah Kalurahan Transparan , Akuntabel, Profesional

  • 30 November 2021 15:52:49
  • 144 views

Wates - Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo resmi melantik 69 lurah, pada Selasa (30/11/2021), bertempat di Aula Adikarta, Gedung Kaca. Pelantikan serta pengambilan sumpah janji jabatan dilakukan dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) secara simbolis kepada perwakilan 2 lurah, yakni lurah Tawangsari dan lurah Banjaroyo.

Sebelumnya, Kabupaten Kulon Progo telah melaksanakan Pemilihan Lurah (pilur) secara serentak pada (24/10) lalu di 68 kalurahan. Selain itu, juga dilakukan pemilihan lurah antar waktu di 1 Kelurahan. 

Dalam sambutannya, Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo menyampaikan bahwa partisipasi pemilih dalam Pemilihan Lurah Serentak Tahun 2021 cukup tinggi, dimana rata-rata tingkat partisipasi untuk 68 Kalurahan adalah 84.52 persen. Tingkat partisipasi tertinggi dalam 1 Kalurahan adalah sebesar 91.31 persen dan yang terendah sebesar 74.83 persen.

"Tingginya tingkat partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Lurah Serentak Tahun 2021 menunjukkan tingginya perhatian masyarakat terhadap kontinuitas peningkatan kualitas penyelenggaraan Pemerintah Kalurahan yang dipimpin oleh Lurah untuk 6 tahun ke depan," kata Sutedjo. 

Lebih lanjut, Sutedjo menambahkan bahwa sebagai pemimpin bagi warga masyarakat, Lurah harus mampu mengayomi seluruh elemen masyarakat. Sedangkan sebagai pemimpin birokrasi Pemerintah Kalurahan, Lurah dituntut untuk menyelenggarakan pemerintahan secara transparan, akuntabel, profesional serta menerapkan asas-asas good government dan clean governance

Sedangkan dalam upaya membangkitkan kembali perekonomian masyarakat yang mengalami penurunan akibat Pandemi Covid-19, Sutedjo meminta agar pengembangan Badan Usaha Milik Kalurahan (BUMKal) dapat terus dilakukan sebagai stimulus dinamika perekonomian lokal yang dapat berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Kalurahan. 

"Selamat kepada 69 Lurah yang telah diambil sumpah dan dilantik pada hari ini. Selamat bekerja melaksanakan tugas melayani masyarakat, membangun Kalurahan, memberdayakan masyarakat dan memajukan kalurahan," tutup Sutedjo. M. C Kab. Kulon Progo/Fadia/Toni/Agesty/Rani