Ikut Serta Mewujudkan Pembangunan Kulon Progo, Ikatan Alumni SMA 1 Wates Gelar Audiensi

  • 30 September 2021 15:03:32
  • 94 views

Wates, Dengan tujuan menjadi mitra sekolah dan pemerintah dalam mewujudkan percepatan pembangunan di Kulon Progo, Ikatan Alumni SMA 1 Wates (IKA SMA 1 Wates) periode 2021-2024 gelar audiensi dengan Bupati Kulon Progo Drs. H Sutedjo, bertempat di Ruang Menoreh Kantor Pemkab Kulon Progo, Kamis (30/09/2021).

Turut mendampingi Bupati menerima audiensi upati, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Drs. Jazil Ambar Wasan, Kepala Diskominfo Drs. Rudiyatno, MM, Kabag Kesra Heri Darmawan, AP, MM, dan opd terkait.

Drs. Djanu Indriarto selaku Sekretaris Umum IKA SMA 1 Wates menyampaikan audiensi tersebut sebagai media komunikasi dan koordinasi dengan pemerintah untuk mewujudkan percepatan pembangunan di Kulon Progo sesuai visi misi organisasi. "IKA SMA 1 Wates tidak hanya untuk mengurusi kemajuan sekolah, namun sekaligus bersama-sama untuk memajukan daerah," katanya.

Dijelaskan Djanu, dengan 19 angkatan alumni yang terlibat dan tersebar di 22 kabupaten/kota dengan jumlah 100 orang dan terbagi menjadi 9 bidang pengabdian, diharapkan mampu mendorong kemajuan SMA 1 Wates maupun Kulon Progo pada umumnya.

"Kedepan kita juga akan bergabung dan menjadi bagian dari Badan Koordinasi Paguyuban Kulon Progo sebagai induk paguyuban, alumni dan komunitas perantau Kulon Progo dalam rangka mewujudkan gerakan Sesaba Kulon Progo," jelas Djanu.

Turut menambahkan Agus Triantara, SE Sekretaris IKA SMA 1 Wates yang juga menjabat sebagai Sekretaris Umum Badan Koordinasi Paguyuban Kulon Progo (Bakor PKP) menyampaikan kerjasama ini akan menjadi kekuatan yang luar biasa bila mana nanti bisa terjalin 3 kekuatan, yaitu kekuatan masyarakat dalam hal ini diwadahi dalam Bakor PKP, kekuatan akademisi dan praktisi (profesional) yang tergabung di dalam IKA SMA 1 Wates, dan kekuatan pemerintah dalam hal ini Pemerintah Kulon Progo.

Sementara itu Kepala Diskominfo Drs. Rudiyatno, MM, menyampaikan Dinas Kominfo menyampaikan apresiasi yg tinggi atas terbentuknya Ikatan Keluarga Alumni (IKA), karena pengurusnya terdiri dari para pejabat tinggi, ketuanya kepala BKKBN pusat, dengan anggotanya para pakar berbagai disiplin ilmu dan praktisi bisnis skala nasional sehingga kalau dikelola dengan baik akan menginspirasi para siswanya yang masih aktif untuk pada saatnya sukses.

"Dengan IKA ini diharapkan juga akan dapat mempercepat pelaksanaan pembangunan infrastruktur penunjang pendidikan sehingga SMA N 1 Wates akan maju setara dengan SMA Negeri lain di DIY," kata Rudiyatno.

Menanggapi hal tersebut Bupati Kulon Progo Drs. H Sutedjo menyambut baik dan merespon positif audiensi dan rencana kerja IKA SMA 1 Wates kedepan, meskipun SMA bukan lagi dibawah kewenangan Pemkab. Namun menurutnya lain halnya dengan alumni yang mayoritas adalah putra daerah Kulon Progo, oleh karenanya IKA SMA punya relevansi untuk berkomunikasi dan bekerjasama dengan Bupati.

"Saya juga sependapat, jika SDM-SDM yang luar biasa ini bisa didayagunakan secara maksimal tidak hanya untuk mengurusi sekolah, namun juga memajukan daerahnya,"kata Sutedjo.

Sutedjo juga sepakat dan mendukung IKA bisa bergabung dengan Bakor PKP dan bekerjasama dengan program-program yang selama ini sudah berjalan. MC Kab.Kulon Progo/Tn/hry