KIM Nusantara Pusat Hadiri KIM Award di Kulon Progo

  • 28 September 2021 08:50:25
  • 241 views

Wates, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) memberikan Penghargaan untuk  “Kelompok  Informasi Masyarakat (KIM)” Kabupaten Kulon Progo melalui KIM Award Tahun 2021. Penyerahan penghargaan bertempat di Aula Adikarta, pada Senin (27/9).

Penghargaan KIM Award Tahun 2021 tingkat Kabupaten Kulon Progo, diserahkan langsung oleh Bupati Kulon Progo, yang disaksikan oleh Ketua Forum KIM Nusantara Pusat yang turut hadir dalam ajang penganugerahan KIM ini. 

Menurut Ketua Forum KIM Nusantara Pusat, Yus Hartiman, ST., KIM Kulon Progo sangat beruntung, karena ada pemberian penghargaan bagi Kelompok Informasi Masyarakat yang ada di daerah ini.

“Saya keliling Indonesia ketemu 4 Ribu 500 lebih KIM di seluruh Indonesia, masih banyak yang menanyakan apa itu KIM, sementara di Kulon Progo KIM justru sudah mendapatkan apresiasi melalui KIM Award. Hal ini menandakan bahwa KIM di Kulon Progo sudah mendapat perhatian dari Pemerintah setempat beserta Dinas Kominfo,“ ujar Yus.     

Lebih jauh Yus menjelaskan, KIM harus mempunyai nilai tambah sesuai dengan Peraturan Menteri Kominfo nomor : 08 tahun 2010, dan yang terbaru Permen Kominfo nomor : 8 tahun 2019. Selain itu, ia mengajak kepada KIM Kulon Progo untuk lebih bermakna dan bermanfaat bagi masyarakat tidak hanya dalam lingkup Kalurahan, tetapi akan lebih bagus jika bisa bermain di tingkat Nasional.

“Pada era sekarang yang dikatakan sebagai pemenang yaitu orang, kelompok atau organisasi yang dapat menguasai informasi. KIM yang saya kelola dulu bisa mengakses informasi secara nasional dan berhasil mengegolkan anggaran milyaran rupiah. Selanjutnya kami justru mau tahu berbagai kegiatan yang dilakukan KIM Kulon Progo yang nantinya akan kami viralkan di tempat KIM lain di Indonesia  “ tambah Yus.

Ketua KIM Nusantara berharap, KIM di Kulon Progo dapat bermitra dengan Pemerintah guna membantu dan memberi solusi bagi persoalan yang muncul di masyarakat, bukan malah menjadi provokator atau membuat kegaduhan.

“Untuk lebih mengaktifkan dengan baik KIM di Kulon Progo, mohon bisa mengirimkan data KIM yang ada ke KIM Pusat, untuk pengurusnya dapat masuk ke dalam group WA KIM Pusat, sehigga KIM Kulon Progo bisa bicara dikancah nasional. Dengan sedikit KIM tapi banyak kegiatan akan lebih baik daripada banyak KIM tapi tidak aktif,” pungkas Yus. 

Sementara itu, dalam laporannya, ketua penyelenggara KIM Award tahun 2021, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kulon Progo yang diwakili Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik dan Statistik, Bambang Susilo, S.Si., M.Eng., mengatakan, lomba KIM se Kabupten Kulon Progo yang dikemas dalam kegiatan KIM AWARD 2021 sudah 2 kali dilaksanakan dengan melibatkan 11 kelompok KIM yang telah terbentuk sejak tahun 2014.

Bambang mengatakan, Lomba Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang dilaksanakan dalam kegiatan KIM Award 2021 ini bertujuan untuk memotivasi, memberikan penilaian terhadap aktivitas program atau kegiatan KIM yang sudah dijalankan selama ini dan inovasi-inovasi baru sebagai bentuk kreatifitas KIM serta memberikan penghargaan atas pelaksanaan kegiatan Kelompok Informasi Masyarakat pada tahun ini

Ketua Penyelenggara KIM Award juga menjelaskan, banyak kriteria yang digunakan sebagai Indikator penilaian, KIM Award, yaitu :  (1). Papan Nama Sekretariat KIM, (2). Alamat, Nomor Telepon, Email, (3). Struktur Organisasi, (4). Ruang Pertemuan, (5). Fasilitas Penunjang : Laptop, Komputer, HP, Printer, (6). Buku Tamu, (7). Tempat Arsip dan Dokumentasi, (8). Papan Pengumuman, (9). Agenda Kegiatan, (10). Kelengkapan Adminstrasi : Buku Laporan, Nama Kegiatan, Jenis Kegiatan, Laporan Kegiatan, (11). Aktivitas/Program/Kegiatan, yang terdiri dari ADINDA (Akses Informasi, Diskusi Tentang Informasi, Implementasi, Networking, Desiminasi Informasi dan Advokasi/Aspirasi) serta kegiatan Bidang Ekonomi, Sosial, Seni Budaya, Pertanian, Pendidikan, Pariwisata, Olahraga, (12). Inovasi, (13). Kerjasama dengan Pemerintah Daerah, (14). Kerjasama dengan pihak ketiga, (15). Prestasi/Penghargaan. Dengan Total Nilai 100.

Pada akhir laporannya, Bambang menyampaikan, sampai saat ini belum semua Desa/Kalurahan/Kelurahan di Kulon Progo memiliki KIM, karena baru terdapat 35 KIM. Diharapkan 87 kalurahan yang ada kesemuanya memiliki KIM.  

Pada kesempatan ini, Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo, menyamapaikan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Diskominfo atas terselenggaranya Penghargaam KIM Award.

Menurut Sutedjo, pada era sekarang informasi merupakan kebutuhan primer bagi masyarakat, oleh karena itu, Kelompok Informasi Masyarakat dituntut secara mandiri dan kreatif melakukan pemberdayaan masyarakat terhadap akses informasi dan komunikasi serta memberikan motivasi dan inspirasi agar informasi publik menjadi bagian penting dalam proses pembangunan bangsa.

KIM adalah organisasi yang dibentuk oleh masyarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat, yang secara mandiri dan kreatif  melakukan kegiatan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan nilai tambah taraf kehidupannya, sebagai lembaga masyarakat yang bergerak di bidang pengelolaan informasi, KIM memiliki arti yang penting sebagai mitra pemerintah dan sebagai bagian dari jaringan sistem informasi nasional dalam diseminasi informasi dan penyerapan aspirasi masyarakat,” terang Sutedjo.

Sutedjo berharap, Pemerintah Kapanewon dapat membantu memfasilitasi dan mendorong pembentukan KIM di wilayah Kalurahannya, sehingga sebanyak 87 Kalurahan dan 1 Kelurahan yang ada di Kulon Progo semuanya memiliki KIM.

“Diharapkan jika masing-masing Kalurahan memiliki KIM, maka bisa merupakan penyerap dan penyalur aspirasi masyarakat dan sebagai saluran informasi antara Pemerintah, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota dengan masyarakat dan antar kelompok masyarakat lainnya,” tegas Sutedjo. 

Dari Hasil Keputusan Tim Penilai, KIM Ngrojo Mulyo dari Ngrojo, Kelurahan Kembang, Kapanewon Nanggulan sebagai Juara I dengan total nilai 94;  Juara II diraih  KIM Nyi Ageng Serang, dari Taruban Kulon, Kalurahan Tuksono, Kapanewon Sentolo, dengan total nilai 93; Juara  III terpilih KIM Ngesti Raharjo, dari Punukan, Kelurahan Wates, Kapanewon Wates, dengan total nilai 81;  sedangkan KIM Budi Santoso dari Klajuran, Kalurahan Tanjungharjo, Kapanewon Nanggulan, sebagai Juara Harapan I, dengan total nilai 69; terakhir Juara Harapan II diraih KIM Sumber Rejeki dari Kembang, Kalurahan Jatimulyo, Kapanewon Girimulyo,  dengan nilai 65.

(IKPS/MC/KOMINFO KP)