Talang Saluran Induk Irigasi Kalibawang Yang Jebol Mulai Diperbaiki

  • 27 September 2021 09:04:42
  • 134 views

Kalibawang, Talang saluran induk irigasi Kalibawang di atas Kali Tarung, Pantok Wetan, Kalurahan Banjaroyo, Kapanewon Kalibawang yang jebol pada Rabu yang lalu(22/9/2021) mulai diperbaiki secara darurat agar tak menganggu musim tanam. Hal ini terlihat saat Dirjen Sumber Daya Air Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Ir. Suparji, S.T, M.Tmelakukan peninjauan kelokasi pada Minggu, (26/09/2021).

Turut mendampingi Bupati Kulon Progo, jajaran Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWS-SO) serta Kepala Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPKP) dan Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Kulon Progo.

Dirjen Sumber Daya Air Kementrian PUPR menyampaikan apresiasi atas kerja sama yang bagus antara jajaran Pemerintah, PUPR dan BBWS-SO yang sangat responsif terkait penanganan talang yang jebol. "Kita harapkan secepat mungkin bisa segera dikerjakan," katanya.

Menurut Suparji nantinya pengerjaannya akan mempergunakan zat kimia untuk mempercepat proses pengerasan saluran yang normalnya memakan waktu 21 hari bisa dipersingkat. "Kita percepat untuk mengairi 7000 hektar lahan pertanian, dua sampai tiga hari kita usahakan sudah bisa dialirkan,"imbuhnya.

Sementara itu, Kepala DPUPKP Ir. Gusdi Hartono, M.T menyampaikan saat ini saluran sudah ditangani secara darurat oleh BBWS-SO. "Pengerjaannya disegerakan sehingga harapannya sebelum 2 minggu sejak mati bisa dialirkan (air), harapannya tidak berdampak pada tanaman-tanaman dari pertanian," ungkapnya.

Selain itu disisi pertanian, Kepala DPP Ir. Muh. Aris Nugroho menambahkan sampai saat ini lahan yang sudah ditanam padi sekitar 2000 hektar, namun dengan kondisi tanah yang masih basah sehingga tidak begitu berdampak. "Namun kami juga sudah kerahkan rekan-rekan kelompok tani untuk memompa air jika darurat, karena masih banyak sungai atau sumber air yang bisa dimanfaatkan," katanya. MC.Kab.Kulon Progo/humas/tn