Percepatan Pemulihan Ekonomi melalui Pelayanan Tata Ruang dan Pertahanan yang Profesional

  • 24 September 2021 15:12:14
  • 105 views

Kulon Progo - Upacara peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional ke - 61 dilaksanakan di Halaman Kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Kulon Progo. Jumat (24/09/2021). Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo menjadi pembina upacara dalam upacara tersebut.

Untuk memperingati Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional yang ke - 61, Kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Kulon Progo melaksanakan upacara di Halaman Kantor ATR/BPN Kulon Progo. Tema dalam upacara peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional Tahun 2021 adalah "Percepatan Pemulihan Ekonomi melalui Pelayanan Tata Ruang dan Pertahanan yang Profesional" dengan maksud melaksanakan Undang-Undang Cipta Kerja (UUCK) dan turunannya, untuk menciptakan lapangan kerja yang seluas-luasnya bagi rakyat Indonesia, dengan cara memberikan kemudahan berusaha bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), serta mendorong investasi.

Pada upacara tersebut dilaksanakan pembacaan surat keputusan Presiden Republik Indonesia tentang penganugerahan tanda kehormatan satya lancana karya satya dan dilanjutkan dengan penyematan tanda kehormatan satyalancana karya satya.

Acara selanjutnya adalah penyerahan sertifikat oleh Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo didampingi pejabat Forkopimda Kabupaten Kulon Progo. Terdapat 7 sertifikat yang diserahkan, terdiri dari 2 sertifikat hak milik atas nama Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan Kadipaten Pakualaman, 1 sertifikat hak pakai atas nama Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, 2 sertifikat tanah wakaf, dan 2 sertifikat Hak Milik Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo, dalam sambutannya membacakan sambutan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Tahun 2021 menyampaikan bahwa tema kali ini mengangkat tema tentang pemulihan ekonomi, dengan maksud melaksanakan Undang-Undang Cipta Kerja (UUCK) dan turunannya. UUCK yang salah satu tujuannya adalah memperbaiki persoalan perizinan kegiatan berusaha telah memberikan ruang yang lebih luas dan peran penting bagi tata ruang sebagai ujung tombak dalam pemberian izin berusaha.

Dukungan terkait kemudahan perizinan diberikan melalui penyederhanaan persyaratan di mana hanya ada 3 (tiga) persyaratan dasar yang dibutuhkan dalam rangka kegiatan berusaha, yaitu Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR), Persetujuan Lingkungan, dan Detail Tata Ruang (RDTR) yang bersama-sama Pemerintah Daerah harus didorong dan dipercepat penerbitannya. Terkait tata ruang, kementerian ATR/BPN telah meluncurkan inovasi dan terobosan yaitu Geographyc Information System Tata Ruang (GISTARU), diantaranya RTR-Online, RDTR Interaktif, RTR-Builder, Konsultasi Publik Online, dan Protaru.

Sejalan dengan semangat percepatan pemulihan ekonomi, diluncurkan juga Sistem Pendaftaran Online Aplikasi Loketku dan Permohonan Informasi Online agar masyarakat lebih yakin mengenai kelengkapan berkasnya sebelum datang ke kantor pertanahan. Hal ini untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat secara efektif, efisien, transparan, dan hemat biaya.

Harapan dari momentum peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional kali ini semoga dapat mewujudkan pelayanan yang terbaik bagi kepentingan bangsa dan negara, serta apa yang sudah dilakukan dapat memberikan manfaat dan nilai tambah untuk banyak orang. MC Kab.Kulon Progo/Fajar Mahanani/Dewan Pangestu