Gencarkan Vaksinasi COVID-19, Bupati Kulon Progo Pantau Langsung Pelaksanaan Vaksinasi

  • 02 September 2021 14:42:35
  • 182 views

Kulon Progo - Sebagai bentuk dukungan dan kepedulian bagi masyarakat, tenaga kesehatan, dan relawan vaksinasi, Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris daerah Drs. Jazil Ambar Was'an Drs. H. Jazil Ambar Was'an beserta jajaran melakukan peninjaunan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kulon Progo, tepatnya di Kapanewon Nanggulan, Girimulyo dan Kalibawang. pada Rabu (1/8/2021).

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kulon Progo telah melampaui capaian angka persentase yang ditargetkan pada akhir Agustus yakni sebesar 50 persen. Hal tersebut karena antusiasme seluruh warga masyarakat Kulon Progo untuk mengikuti kegiatan vaksinasi baik yang diselenggarakan di Rumah Sakit, Puskesmas, maupun kegiatan vaksinasi masal di kantor pemerintahan.

Bupati Kulon Progo Sutedjo menjelaskan pada hkhir Agustus kemarin, capaian vaksinnya 53,49 persen untuk dosis pertama dan dosis ke dua telah mencapai angka sebesar 12,4 persen, nati September target kita 75%, dan Oktober 100%.

“Angka persentase tersebut bukanlah angka dari jumlah penduduk secara total melainkan angka dari penduduk sebagai sasaran vaksin,” ujarnya.

Jumlah warga Kulon Progo jika di total adalah sebanyak 440 ribu jiwa, namun untuk jumlah sasaran vaksinasi Covid-19 masyarakat Kulon Progo adalah sebanyak 342 ribu jiwa. Angka tersebut di akumulasikan dengan menyisihkan warga Kulon Progo yang masih berumur dibawah 12 tahun karena anak dibawah umur 12 tahun sistem kekebalan tubuhnya belum mengalami kematangan yang sempurna untuk menerima dosis vaksin Covid-19.

Pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Kulon Progo juga ikuti oleh siswa/i pelajar dari SD,SMP, hingga SMA/K. vaksinasi bagi pelajar Kulon Progo juga digencarkan sebagai langkah persiapan menghadapi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) mengingat perkembangan PPKM yang semakin baik, kasus harian yang mulai menurun, persentase Bed Occupancy Rate (BOR) yang rendah, angka kesembuhan yang semakin tinggi, berkurangnya angka kematian, dan vaksinasi yang terus digenjot, sehingga herd imunity di Kulon Progo terus tumbuh.

Selanjutnya Bupati Sutedjo menambahkan untuk PTM kita masih terus menunggu dari pemerintah Pusat, kemudian Aparatur pendidikan, pesiapan dari vaksinasi untuk guru dan sekarang saatnya siswa di vaksin.

“Kami berharap paling lambat pertengahan September ini kami usahakan untuk semua siswa SMP/MTS, SMA/K, dan MA/MAN ini sudah tervaksin 100 persen, kemudian dalam dua minggu ini semua anak sekolah yang wajib di vaksin termasuk siswa SD yang umurnya telah mencapai 12 tahun.” Ujar Sutedjo

 

Sementara itu, Dua siswa dari SMP Negeri 1 Nanggulan Sofia Ramadhani (12), dan April (12) turut mengikuti vaksinasi yang diselenggarakan di GOR Wiwaha Raga Wijimulyo, Nanggulan mengatakan bahwa dirinya mendapat infornasi vaksin dari guru sekolah, dengan perasaan lega setelah disuntik Sofia menyebutkan “Ternyata enggak sakit kok, cuman kayak digigit semut dan sedikit kerasa pegal,” ujarnya.

Dalam peninjauan vaksinasi kali ini beberapa lokasi yaitu GOR Wiwaha Raga Wijimulyo, Kantor Kapanewon Samigaluh, dan Kantor Kapanewon Kalibawang. MC.Kab.Kulon Progo/humas/rizki/candra