Dinas Pariwisata Gelar Percepatan Vaksinasi Covid-19 Bagi Pelaku Wisata Di Laguna Barat Pantai Glagah Kulon Progo

  • 31 Agustus 2021 16:27:35
  • 77 views

Temon – Bertepatan dengan Hari Keistimewaan DIY Ke-9, Dinas Pariwisata DIY bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melalui Dinas Pariwisata Kulon Progo menggelar Vaksinasi COVID-19, menyasar pelaku wisata, masyarakat umum di Kulon Progo. Berlangsung di Laguna Barat Pantai Glagah, Temon. Selasa (31/8/2021).

Tujuan pelaksanaan vaksin wisata ini adalah untuk meningkatkan herd immunity, serta sebagai sarana promosi destinasi wisata khususnya di kawasan Pantai Glagah. Kegiatan ini juga merupakan upaya mempersiapkan sektor pariwisata untuk dapat kembali beroperasi jika nantinya PPKM selesai. 

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Ir. Singgih Raharjo, SH., M. Ed dalam sambutannya mengungkapkan Hari ini kita merayakan Hari keistimewaan atau disahkannya Undang-Undang Keistimewaan dalam rangka juga untuk mempersiapkan pariwisata untuk lebih baik lagi, lebih sehat dengan cara vaksinasi wisata.

“Saat ini sebanyak 85 persen pelaku pariwisata telah tervaksinasi,” ujarnya

Singgih menambahkan bahwa pelaksanaan vaksin di lokasi wisata tersebut adalah yang ke-25 di wilayah pariwisata DIY.

“Tentu ini merupakan satu aktivitas untuk mempersiapkan pariwisata Jogja untuk menjadi wisata yang aman dan sehat, baik itu untuk pelaku wisata di Jogja juga untuk wisatawan yang akan datang sehingga mereka akan percaya diri dan merasa aman kalau pelaku pariwisata di Yogyakarta sudah tervaksinasi”. jelasnya 

Ia berharap dengan adanya akselerasi vaksin wisata dapat mencapai target vaksinasi bagi penduduk DIY sebanyak 7g persen sampai  80 persen sehingga pariwisata dapat segera dibuka kembali.

Sementara itu, Wakil Bupati Kulon Progo, Fajar Gegana sekaligus sebagai Ketua satgas Covid-19 Kulon Progo menjelaskan bahwa saat ini tren COVID-19 di Kabupaten Kulon Progo telah mengalami penurunan, “untuk itu, kita persiapan membuka pariwisata di Kulon Progo.

“Regulasinya tetap instruksi Gubernur karena aglomerasi kita masih mengikuti di level empat. Jadi kami juga ikut mensosialisasikan kepada masyarakat untuk memiliki aplikasi Peduli Lindungi di handphone masing-masing. Karena kedepannya aplikasi ini akan digunakan ketika mengunjungi mal, tempat wisata dan tempat-tempat lain.” Jelasnya. 

Fajar Gegana menekankan bahwa Pemkab Kulon Progo terus melakukan persiapan di tempat-tempat wisata dengan mengoptimalkan CHSE yaitu Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan) yang merupakan program Kemenparekraf untuk memberikan jaminan kepada wisatawan terhadap pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata KulonProgo, Joko Mursito S.Sn, M.A mengungkapkan jika 4000 pelaku pariwisata KulonProgo saat ini sebagian besar sudah mendapatkan vaksinasi yang diselenggarakan oleh Kapanewon dan Kalurahan.

Pihaknya sengaja menyelenggarakan vaksin wisata untuk menciptakan suasana rileks pada saat pelaku menerima suntikan vaksin. Ia juga meminta 1000 target kedepannya agar terakomodir karena banyaknya pendaftar vaksin yang berasal dari luar Kulon Progo. 

“Kemaren dalam pendataan kami, mayoritas adalah pelaku wisata di sektor selatan sepanjang pantai. Lalu melebar ke Temon, Wates dan dipilih tempat yang dekat dengan mereka. Yang kedua, kami akan upayakan untuk berada di sektor utara. Sehingga pemerataan dan peserta di sektor selatan sudah merata. Ada yang dari Bantul, Kota, Maguwoharjo juga. Kalau pelaku wisata sendiri sudah 85 persen dan untuk sisanya kami sisir setiap ke destinasi wisata dan selalu menguatkan sosialisai vaksinasi. Dan dengan vaksin besok, pergerakan akan bebas untuk menerima tamu dari luar.” jelasnya

Bupati KulonProgo, Drs. H. Sutedjo terlihat melakukan aktivitas peninjauan pelaksanaan vaksinasi yang berada di Pantai Glagah. Dalam kunjungannya, Sutedjo melakukan sapa kepada warga dan memberikan sambutan singkat yang berisi imbauan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan bagi masyarakat yang sudah melakukan vaksinasi. Usai melakukan tinjauan di Pantai Glagah, Bupati bertolak menuju Kapanewon Kokap untuk melanjutkan proses tinjauan vaksin. MC Kab.kulon Progo/Risma/Rizki.