Tingkatkan Ekonomi dan Mudahkan Mobilitas Masyarakat, KA Bandara (YIA) Resmi Beroperasi

  • 28 Agustus 2021 14:31:47
  • 48 views

Temon, Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport (KA YIA) resmi dibuka secara terbatas oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Stasiun YIA, Jumat (27/8/2021).

Turut mendampingi dalam soft launcing tersebut, Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X, Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo dan Bupati Kulon Progo Drs. H.Sutedjo.

Menkomarves Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah bekerja keras membangun moda transportasi KA YIA. Pembangunan moda transportasi ini merupakan bagian dari Proyrek Strategis Nasional yang telah dimulai sejak studi kelayakan pada 2015 dan selesai pada akhir 2021 dengan total anggaran senilai Rp 1,1 Triliun. 

"Memang membangun infrastuktur perkeretaapian merupakan investasi tinggi, tapi dengan begini kita bisa memotong waktu tempuh perjalanan," katanya.

Menurut Luhut, hal tersebut sangat bagus untuk membantu meningkatkan ekonomi dan kemudahan aksesbilitas bagi masyatakat yang ramah lingkungan. Selain menurutnya Yogyakarta dikenal merupakan kota pelajar dan juga destinasi wisata yang merupakan Kawasan Strategis Wisata Nasional (KSPN), sehingga kereta ini disiapkan pula untuk mendukung kunjungan wisata.

Luhut juga menyampaikan untuk memelihara infrastruktur tersebut serta terus meningkatkan pelayanan dan keselamatan bagi penumpang. Dirinya juga mengingatkan untuk tetap dan terus menjaga protokol kesehatan mengingat kondisi pandemi masih akan berlangsung guna dapat beradaptasi dengan Covid-19.

"Pemerintah mencari jalan terbaik menghindarkan rakyat dari wabah Covid-19, oleh karena itu vaksin terus kita genjot, protokol kesehatan dengan 3 M, 3 T juga terus dikejar serta memaksimalkan penggunaan aplikasi Peduli Lindungi dalam semua kegiatan yang saat ini telah mencapai 30 juta pengguna," jelas Luhut. 

Sementara itu Menhub Budi Karya Sumadi menyampaikan terima kasih atas dukungan seluruh pihak terutama Menkomarves dalam penyelesain proyek KA Bandara YIA tersebut. Menurutnya hal tersebut sejalan dengan visi misi Presiden Republik Indonesia dimana dalam pandemi kita terus bekerja menjalankan program-program pembangunan. "Hari ini kita sepakati untuk soft opening, nanti kalau pandemi menurun kita buat promosi yang lebih besar," katanya.

Dijelaskan Menhub, KA Bandara YIA akan menghubungkan Stasiun Tugu Yogyakarta ke Bandara YIA dengan jarak tempung sekitar 45 menit. Kedepan dirinya juga berharap untuk dibuka titik-titik transportasi baru diwilayah Yogyakarta guna memaksimalkan potensi wisata yang ada.

Dalam kesempatan yang sama Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X juga menyampaikan terimakasih dengan hadirnya KA Bandara YIA. Tentunya KA tersebut menjadi kebanggaan bagi masyarakat Yogyakarta pada umumnya serta Kulon Progo pada khususnya. KA tersebut bisa menjadi pilihan akses transportasi bagi masyarakat guna mendukung Yogyakarta sebagai kota budaya dan pariwisata. MC Kab.Kulon Progo/Humas/Tn/Rizki/Risma/Candra/hr