BUPATI SAMBUT KUNJUNGAN ASOPS KASAU DI YIA, SEKALIGUS PANTAU SERBUAN VAKSINASI

  • 26 Agustus 2021 19:58:05
  • 200 views

Temon, Kunjungan Asisten Operasi Kepala Staff TNI Angkatan Udara (ASOPS KASAU) Marsekal Muda TNI M. Khairil Lubis bersama jajaran TNI AU berkunjung ke Yogyakarta International Airport (YIA) dalam rangka kunjungan vaksinasi yang diselenggarakan oleh TNI sekaligus memberikan bantuan kepada lima Kalurahan (Desa) di Kulon Progo, pada Kamis (26/8/2021).

Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo, yang ditemani oleh Asisten Daerah 1 Ir. Bambang Tri Budi Harsono, MM, Kepala Dinas Kesehatan Kulon Progo dr. Sri Budi Utami, M.Kes dan Kapolres Kulon Progo AKBP Muharomah Fajarini, SH, SIK turut hadir untuk menyambut kedatangannya. 

Penyelenggaraan serbuan vaksin oleh TNI AU digelar di dua tempat yaitu di Lapangan Terbang Gading Wonosari Gunung Kidul dan bandara YIA Kulon Progo dengan sasaran target 10 ribu vaksin terlaksana pada masing-masing titik tersebut sehingga di kedua tempat itu bisa mencapai taget 20 ribu vaksin yang waktu pelaksanaannya akan akan berlangsung selama 3 hari, yaitu pada 25 sampai 28 Agustus 2021.

Di YIA, peserta vaksin tidak hanya warga Kulon Progo, peserta serbuan vaksinasi juga berasal dari wilayah Kabupaten Purworejo. Hal ini dikarenakan lokasi bandara YIA yang berada di perbatasan antara Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Purworejo.

Marsekal Muda TNI AU M. Khairil Lubis dalam pidato sambutannya menyampaikan bahwa kedatangan dirinya adalah untuk mewakili Marsekal TNI AU Fadjar Prasetyo yang berhalangan hadir pada kesempatan tersebut karena terdapat acara yang bersamaan di Lapter Gading Wonosari. 

”Kegiatan ini harapannya membuat kita bisa semakin berkolaborasi dengan semua instansi yang ada, karena untuk mengerjakan pekerjaan yang sifatnya sama-sama itu akan lebih baik kita bersinergi dengan baik karena akan mengahasilkan hasil yang lebih besar dibandingkan kalau kita sendiri-sendiri” ujar Khairil Lubis.

Dirinya juga meminta partisipasi masyarakat untuk dapat hadir dan mengikuti vaksinasi tersebut “Untuk itu kami mengucapkan semua pihak kepada pak Bupati, Dinas Kesehatan, juga kepada Perwakilan Kepala Desa untuk partisipasi semua masyarakat yang ada di sekitar sini, termasuk dari Purworejo juga untuk mencapai herd imunity sampai 70 persen yang diharapkan bapak Presiden di Agustus. di September harapannya bisa mencapai 80 persen”. ujarnya

Dalam serbuan vaksinasi tersebut TNI AU juga melihat dan melakukan pendataan terhadap kehidupan masyarakat sekitar sehingga pihak kepala staff TNI AU juga memberikan bingkisan bantuan sosial kepada penerima bantuan sosial yang diwakili oleh masing-masing Kepala Desa. Adapun daftar desa penerima bingkisan bantuan sosial tersebut adalah Kalurahan Palihan, Jangkaran, Sindutan, Glagah, dan Kebonrejo.

Sementara itu, Drs. H. Sutedjo, Bupati Kulon Progo mengatakan bahwa penyelenggaraan serbuan vaksinasi di YIA sangat bermanfaat baik untuk masyarakat Kulon Progo dan Purworejo yang terdekat dengan bandara YIA sehingga dapat mendorong peningkatan herd imunity. 

“Kami berharap pada Agustus ini capaian di Kulon Progo mudah-mudahan bisa 50 persen, kemudian September paling tidak 75 persen, dan Oktober bisa 100 persen, seratus persennya kulon progo ada pada 342 ribu warga, ini yang menjadi sasaran Kabupaten Kulon Progo” Ucap Sutedjo.

Bupati juga menyampaikan ucapan terimakasih pada TNI AU yang telah memberi bantuan sosial kepada 5 Kalurahan yang wilayahnya menjadi area dari YIA Kulon Progo.

Selepas dari penyambutan ASOPS KASAU dan Peninjauan vaksinasi di bandara YIA, Bupati Kulon Progo bersama dengan Asda 1, dan Dinas Kesehatan Kulon Progo langsung bertolak untuk kembali meninjau pelaksanaan vaksinasi di Kalurahan Giripurwo, kapanewon Girimulyo dan Kapanewon Nanggulan. 

Pada peninjauan ke dua tempat tersebut Sutedjo kembali mengingatkan pada warga yang sudah vaksin untuk dapat mengajak seluruh masyarakat berpartisipasi dalam serbuan vaksin yang dilaksanakan pada 12 Kapanewon di Kulon Progo. Dia juga mengimbau kepada masyarakat yang telah tervaksin untuk tetap menjaga diri serta taat Prokes.

“Vaksin tersebut berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh supaya dapat terhindar atau mengurangi risiko penularan Covid-19, akan tetapi jangan lupa setelah vaksin tetap mentaati protokol kesehatan. Dimanapun kita berada tetap taati protokol kesehatan” Ujar Bupati Kulon Progo ketika menyapa masyarakat peserta vaksin di Kalurahan Giripurwo dan Kapanewon Nanggulan. MC.Kab.Kulon Progo/humas/rizki