Mendagri Apresiasi Realisasi Belanja APBD TA 2021 Kabupaten Kulon Progo

  • 24 Agustus 2021 14:37:01
  • 75 views

Wates, Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian mengapresiasi atas capaian realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemkab Kulon Progo Tahun Anggaran 2021. Hal tersebut disampaikan langsung melalui surat Mendagri nomor 903/4309/SJ, perihal Pemberian Apresiasi atas Pencapaian Realisasi APBD tertanggal 12 Agustus 2021.

Mendagri memberikan apresiasi atas capaian realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di 15 daerah. Jumlah daerah tersebut terbagi dalam 5 provinsi, 5 kabupaten dan 5 Kota di seluruh Indonesia.

Dalam surat tersebut Mendagri menjelaskan, apresiasi tersebut merupakan penghargaan yang diberikan kepada Pemkab Kulon Progo yang telah mendukung kebijakan pemerintah terkait percepatan realisasi belanja daerah dalam APBD Tahun Anggaran (TA) 2021 untuk penanganan Covid-19 dan percepatan pemulihan ekonomi.

Dari hasil evaluasi dan monitoring sampai dengan 1 Agustus 2021 realisasi belanja daerah Pemkab Kulon Progo telah mencapai 54,64% dari total belanja daerah, melampaui angka persentase realisasi belanja daerah Kabupaten dan Kota secara nasional sebesar 35,8 %.

"Selanjutnya Pemkab Kulon Progo diharapkan tetap konsisten dan berkesinambungan dalam mempertahankan laju capaian realisasi pendapatan dan belanja daerah dalam APBD untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah," tulis Mendagri.

Selain pencapaian realisasi belanja APBD, Pemkab Kulon Progo juga menerima apresiasi dari Kemendagri terkait pembayaran Insentif Tenaga Kesehatan Daerah (Innakesda) melalui Surat Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Dr. Moch Ardian N tertanggal 13 Agustus 2021.

Dijelaskan dalam surat tersebut, sampai dengan 6 Agustus 2021 Pemkab Kulon Progo telah melaporkan realisasi pembayaran Innakesda sebesar Rp. 13,79miliar atau 60,25% dari alokasi sebesar Rp.22,89 miliar. Adapun pembayaran Innakesda tersebut bersumber dari dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) Tambahan Tahun Anggaran 2020 dan refokusing 8% dari Dana Alokasi Umum (DAU) atau Dana Bagi Hasil (DBH) TA 2021.

Kemendagri memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya terhadap pemenuhan pembayaran Innaskesda di Kabupaten Kulon Progo. Selanjutnya Bupati diharapkan untuk tetap konsisten dan memperhatikan pemenuhan realisasi pembayaran Innaskeda dengan memperhatikan perkembangan Covid-19 di wilayahnya dan tetap menjamin ketersediaan Innakesda sampai dengan bulan Desember pada APBD TA 2021. MC.Kab.kulon Progo/humas/tn