Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2021 Di Istana Negara Berlangsung Secara Virtual

  • 19 Agustus 2021 12:02:48
  • 87 views

Wates – Usai melangsungkan upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-76 tingkat kabupaten Kulon Progo secara terbatas, Bupati Sutedjo dan Wakil Bupati Kulon Progo Fajar Gegana, serta dari unsur Forkooimda Kab.Kulon Progo yakni Sekretaris Daerah Ir. Astungkoro, M.Hum, Polres Kulon Progo, DANDIM 0731 Kulon Progo, Ketua DPRD Kulon Progo, dan Kejaksaan Negeri Kulon Progo, mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-76 dari Istana Negara secara virtual di Command room, Diskominfo Kulon Progo pada Selasa, (17/8/2021). Upacara Detik-detik Proklamasi dimulai pada pukul 10.00 WIB. 

Presiden Joko Widodo memimpin upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar di halaman Istana Merdeka,. Kepala Negara hadir bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan didampingi oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin. Upacara Detik-Detik Proklamasi. berjalan lancar dan penuh khidmat.

Peringatan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan RI kali ini mengusung tema “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”. Tema ini mendeskripskan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik.

Bertindak selaku komandan upacara pada kesempatan kali ini yaitu Kolonel Pnb. Putu Sucahyadi, S.AP., M.Sc., M.M.S. 

Pada upacara penurunan bendera merah putih, Presiden Joko Widodo kembali bertindak sebagai Inspektur Upacara yang digelar di halaman Istana Merdeka yang disiarkan secara virtual, Kali ini dari Pemkab Kulon Progo dihadiri Bupati Kulon Progo dan segenap unsur Forkopimda kab.Kulon Progo.

Komandan Upacara pada sore hari ini dipercayakan kepada Kolonel Inf. Faisol Izuddin Karimi yang saat ini menjabat sebagai Komandan Brigif 26/Gurana Piarawaimo Kodam XVIII/Kasuari.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris daerah Kulon Progo, Ir. Astungkoro, M.Hum berpesan kepada generasi milenial terkait pesan yang ada pada pelaksanaan Upacara Kemerdekaan Indonesia yang ke - 76 ini.

"Adapun bukti proklamasi ini bagi generasi milenial adalah bukti sejarah bahwa dulu dan sekarang adalah sama. Kita harus tetap tangguh dalam persatuan walau ditengah keadaan pandemi dan tentu saja tetap tumbuh." Ujar Astungkoro. MC Kab.Kulon Progo/Risma/Candra/hry/presidenri.go.id