Optimalkan Peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pembangunan

  • 24 Juni 2021 13:46:07
  • 71 views

Wates, Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (DPD LPM) Kabupaten Kulon Progo Masa Bakti 2021 - 2026 resmi dilantik oleh Ketua DPD LPM Daerah Istimewa Yogyakarta Kanjeng Pangeran Haryo Notonegoro didampingi Bupati Kulon Progo Drs. H Sutedjo, bertempat di Aula Adhikarta Kantor Pemkab Kulon Progo, Kamis (24/6/2021).

KPH Notonegoro, dalam sambutannya menyampaikan keberadaan LPM diharapkan bisa menjadi mitra yang sejajar, yang mendukung Pemerintah Desa dalam hal membangun visi, merencanakan misi dan memobilisasi masyarakat untuk mencapai tujuan pembangunan.

"Peran LPM yang penting dan esensial, karena pola Pemerintahan Desa saat ini habis waktunya untuk mengurus administrasi, nyaris tidak ada waktu berpikir stragegis terkait visi misi dan perencanaan," kata Notonegoro.

ketua DPD LPM jogja

LPM diharapkan dapat melihat potensi-potensi yang ada di desa, guna membantu aparatur desa membangun visi dan menyusun perencanaan pembangunan desa, yang diharapkan nantinya bisa menjadi desa mandiri.

"Banyak investasi-investasi yang masuk Kulon Progo, namun tantangannya sekarang adalah belum siapnya SDM Pemdes, maka peran LPM diharapkan mampu menjabarkan hal itu untuk kesejahteraan masyarakat desa," imbuh Notonegoro.

Sementara itu, Bupati Kulon Progo Drs. H Sutedjo mengatakan hal yang sama dimana dengan dilantiknya pengurus DPD LPM Kabupaten Kulon Progo ini, bisa lebih meningkatkan peran LPM sebagai dinamisator, katalisator, dan partnership Kalurahan yang mana untuk menunjukkan eksistensi dalam membantu Kalurahan dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembangunan Kalurahan.

bupati sutedjo

"Saya berharap agar DPD LPM Kabupaten Kulon Progo sebagai mitra kerja pemerintah dapat bersinergi dan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, karena pemerintah tidak dapat menyelesaikan seluruh persoalan yang dihadapi tanpa adanya peran serta dari masyarakat," kata Sutedjo.

Sutedjo juga meninginkan seluruh elemen dapat selalu menghidupkan, serta meningkatkan semangat gotong royong dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih di tengah kemajuan teknologi dan era globalisasi ini, gotong royong harus tetap menjadi ciri khas dari budaya masyarakat Kabupaten Kulon Progo.

pengurus DPD LPM bersama Bupati

Beberapa pengurus harian DPD LPM Kabupaten Kulon Progo Masa Bakti 2021 - 2026 yang dilantik antara lain H. Human Turmudi, SH dikukuhkan sebagai Ketua dan posisi Sekretaris dijabat H. Dioto Siswodarsono BA. MC.Kab.Kulon Progo/humas/tn