Bupati Kulon Progo Ikuti Syawalan Virtual Dengan Gubernur DIY

  • 02 Juni 2021 13:20:23
  • 109 views

Wates – Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo beserta jajarannya mengikuti acara syawalan atau halal bilhalal dengan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuana X dan Wakil Gubernur DIY, KGPAA Pakualam X beserta seluruh Bupati, Kepala Forkopimda, serta Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) se-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) secara daring. Berlangsung di Aula Adikarta, Senin (30/05/2021). Acara ini digelar oleh Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) secara virtual dan disiarkan langsung melalui kanal Youtube Humas Jogja, JITV dan zoom metting.

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuana X dalam sambutannya berharap agar masyarakat Yogyakarta dapat memaknai momen lebaran dengan lebih optimis, ”Kepada seluruh peserta yang hadir, Ngarsa Dalem berharap agar momen Idulfitri dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan. Terutama pada bidang pengabdian dan profesi yang dijalani. Untuk itu, izinkan saya bersama istri mengucapkan Selamat Idul fitri 1442 H, mohon maaf lahir dan batin,” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, perwakilan petani sekaligus Regu Perlindungan Tanaman (RPT Binangun) Kabupaten Kulon Progo, Untung Suharjo menyampaikan ikrar syawalan kepada Ngarso Dalem Sri Sultan Hamengkubuana X. Selanjutnya, Untung juga melaporkan bahwa di masa pandemi Covid-19 yang tengah melanda Indonesia, petani di Kulon Progo tetap melakukan kegiatan budi daya baik menanam tanaman pangan, holtikultura, peternakan, dan perikanan dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Dengan tatanan yang telah diatur oleh Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, akhir-akhir ini Kulon Progo berhasil mendapatkan surplus beras, sehingga diharapkan dapat mendukung ketahanan pangan di DIY dan juga di tingkat nasional. Selain itu, beberapa wilayah di Kulon Progo juga memiliki sistem pertanian yang sangat istimewa yaitu sistem pertanian Lahan Sorjan. Sistem pertanian ini telah diusahakan dan diupayakan oleh beberapa kelompok petani agar menjadi lahan sswah sekaligus lahan agrowisata, hal ini menjadi peluang besar dari keberadaan YIA di Kulon Progo”, imbuhnya.

Mewakili para petani, Untung berharap agar Gubernur DIY dapat mendukung semua kebijakan yang dilakukan oleh Pemkab Kulon Progo untuk mesejahterahkan masyarakat di Kulon Progo. 

Lebih lanjut, Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo mengungkapkan rasa syukurnya karena tahun ini masih bisa melaksanakan syawalan walaupun secara virtual dan tetap menjaga protokol kesehatan, “Masa pandemi tidak menjadi sebuah halangan untuk tetap menjaga silahturahmi dengan sesama. Bantuan teknologi informasi ini sangat memberi kemudahan dalam berkomunikasi, sehingga silahturahmi dapat tetap terjalin dengan baik. Selain itu silahturahmi yang terjalin ini juga mampu berperan untuk memperlancar tugas-tugas pengabdian kita masing-masing”, jelasnya. MC Kab.Kulon Progo/Syauqi/April/humas