Menteri Koperasi dan UKM Apresiasi Konsep Kemitraan UKM Pemkab Kulon Progo

  • 31 Mei 2021 10:24:27
  • 198 views

Wates, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki mengapresiasi upaya Pemeritah Kabupaten Kulon Progo memproteksi dan mengembangkan pelaku UKM melalui konsep kemitraan. Hal tersebut disampaikannya saat melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Kulon Progo, Jumat (28/5/2021).

Turut mendampingi Bupati Kulon Progo Drs. H Sutedjo, Wakil Bupati Kulon Progo Fajar Gegana, beserta pimpinan OPD terkait. 

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyampaikan apresiasi terhadap kebijakan yang diambil Pemkab Kulon Progo dalam menyikapi permasalahan UKM di daerah. Melalui konsep kemitraan Toko Milik Rakyat (Tomira) yang dilakukan antara UKM/masyarakat dengan jaringan retail dinilai sangat tepat untuk meningkatkan UKM dalam menghadapi persaingan.

"Saat ini warung tradisional atau UKM kurang bisa bersaing, dengan tomira ini kiranya bisa menjadi solusi memproteksi dan mengembangkan ekonomi masyarakat", ujar Teten.

Ditambahkan Teten, kedepan konsep ini harapannya bisa diadopsi untuk daerah-daerah lain. Karena menurutnya masalah-masalah yang dihadapi cenderung sama sehingga konsep ini layak dijadikan role model. 

Disisi lain Teten juga berharap eksistensi koperasi untuk ditingkatkan lagi guna menunjang perekonomian rakyat, selain itu juga fokus pada pengembangan produk-produk UKM. "Banyak produk UKM Kulon Progo yang bagus dan diminati pasar ekspor, hal ini tentunya harus juga diikuti pemenuhan kualitas dan kuantitas," harapnya.

Terpisah Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo menyampaikan bahwa Pemkab melalui Dinas Koperasi dan UKM sudah berupaya maksimal melindungi dan mengembangkan UKM di Kulon Progo. "Dalam hal ini setiap kebijakan yang diambil Pemkab selalu berkomitmen mengupayakan keterlibatan kelompok-kelompok usaha kecil maupun masyarakat pelaku usaha kecil", katanya. 

Menurut Sutedjo kebijakan-kebijakan tersebut diambil guna melindungi, mengembangkan serta memberdayakan potensi-potensi ekonomi masyarakat lokal yang mayoritas merupakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM . "Ditengah persaingan ekonomi yang pesat ini, bagiamana masyarakat Kulon Progo tetap berdaya saing dan mendapatkan kesempatan yang sama", imbuhnya.

Dalam kunjungannya Menteri Koperasi dan UKM beserta tim juga mengunjungi Tomira di jalan Khudori, Wates. MC.Kab.Kulon Progo/Humas/Tinuk/Hari