Komisi V DPR RI Minta Percepatan Pembangunan Infrastruktur Pendukung Bandara YIA

  • 12 April 2021 21:09:03
  • 173 views

Temon - Anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) meminta pembangunan infrastruktur yang menghubungkan moda transportasi yang ada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk dipercepat. Hal tersebut disampaikan disela-sela agenda kunjungan kerja Komisi V DPR RI ke Porvinsi DIY di Bandara YIA, Temon (10/4/2021).

Perwakilan Anggota Komisi V Sukamto, menyampaikan agar seluruh proyek pembangunan sektor transportasi pendukung Bandara YIA untuk segera dipercepat pembangunannya. "Kami harap bisa lebih dipercepat pengerjaannya, demi mendukung aktivitas sektor pariwisata serta proses pemulihan ekonomi nasional", ucapnya.

Sukamto mengatakan bahwa keberadaan Bandara YIA sangat strategis bagi perkembangan DIY dan wilayah sekitarnya. Dengan percepatan pembangungan yang terukur diharapkan juga dapat memberikan dampak positif bagi ekonomi nasional pada umumnya dan regional Kulon Progo pada khususnya.

"Bandara yang telah beroperasi ini juga harus dioptimalkan, dan harus bisa memberikan keuntungan bagi negara karena sudah dibangun dengan anggaran yang cukup besar", imbuh Sukamto.

Sementara Wakil Bupati Kulon Progo Fajar Gegana usai mendampingi Kunjungan Kerja Komisi V, menyampaikan bahwasanya Pemkab Kulon Progo sangat konsisten mendukung percepatan pembangunan infratruktur yang dilaksanakan pemerintah pusat. "Hal ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi ekonomi serta memberdayakan SDM di Kabupaten Kulon Progo", ucapnya.

Ditambahkan Fajar, nantinya hasil dari evaluasi dan rekomendasi Komisi V juga akan ditindaklanjuti dengan penyesuaian program-program prioritas pembangunan antara Pemerintah Pusat, Pemprov DIY dan Pemkab Kulon Progo.

Dalam kunjungannya, Komisi V meninjau langsung kondisi infratruktur pokok bandara maupun pendukungnya, baik yang sudah jadi maupun yang masih dalam proses pembangunan. MC Kulon Progo/tn