Rapur Penyampaian Dua Raperda Penyertaan Modal Kepada Perumda BPR Bank Kulon Progo dan Perumda Aneka Usaha

  • 12 April 2021 15:33:21
  • 101 views

Wates – penyampaian dua Raperda tentang penyertaan modal kepada Perumda BPR Bank Kulon Progo dan Raperda tentang Perumda Aneka Usaha disampaikan dalam Rapat Paripurna DPRD Kulon Progo pada Jum’at (9/4/2021), yang dihadiri oleh 39 anggota DPRD, Bupati Kulon Progo, beserta OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo.

Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo dalam pidato pertamanya mengenai kinerja Badan Usaha Umum Milik Daerah (BUMD) atau Perumda Aneka Usaha  mengatakan,   bahwa perlu dilakukan penyesuaian kinerja melalui permodalan yang sesuai dengan fungsi tata kelola yang sehat.

“Perubahan dan penyesuain peraturan Aneka Usaha Kulon Progo antara lain modal dasar  yang semula sepuluh milyard rupiah menjadi tiga puluh milyard rupiah dan akan dipenuhi sampai tahun 2027, ” jelas Sutedjo.

Dalam pidato keduanya Bupati Kulon Progo mengatakan, bahwa Bank Kulon Progo merupakan satu-satunya Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang bergerak dibidang perbankan.

“sesuai dengan Peraturan Daerah Kulon Progo No. 09 Tahun 2020, tentang Perusahaan Umum Daerah dan Pengkreditan Rakyat baru Kulon Progo, modal dasar ditetapkan seratus milyard rupiah dan modal yang sudah disetorkan hingga tahun 2020 sebesar lima puluh milyard rupiah sehingga Pemerintah Daerah berkewajiban memenuhi kekurangan modal tersebut, ” terang Sutedjo.

Bupati Kulon Progo juga mengatakan, penanaman modal merupakan investasi pemerintah daerah jangka panjang dan bersifat permanen yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Dalam akhir pidatonya, Bupati Kulon Progo berharap dua Rancangan Peraturan Daerah tersebut dapat segera dibahas dikemudian hari. MC Kab.Kulon Progo/Humas/Desta/