Percepatan Pemulihan Ekonomi Kulon Progo Fokus RKPD Kulon Progo Tahun 2022

  • 25 Maret 2021 14:49:27
  • 184 views

Wates, Pemkab Kulon Progo menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kulon Progo 2022, diselenggarakan Kamis (25/3/2021) di Aula Adhikarta Kantor Pemkab Kulon Progo.

Acara dibuka oleh Bupati Kulon Progo Drs.H Sutedjo dan dilaksanakan secara semi daring dimana sebagian hadir secara langsung dan sebagian secara online.

Disampaikan oleh Bupati, tahun 2022 akan dihadapkan pada beberapa isu-isu strategis yang bisa dimanfaatkan secara maksimal. Diantaranya adalah telah beroperasinya secara penuh Yogyakarta International Airport (YIA), adanya pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur dan rencana pengembangan kawasan Menoreh menangkap peluang exit tol Bawen-Jogja di Banyurejo Tempel serta peluang 3 (tiga) exit tol Jogja-Cilacap di Sentolo, Wates dan Temon.

"Oleh karena itu kita berharap program kegiatan yang diusulkan pada RKPD 2022 bisa benar-benar fokus untuk menjawab isu dan target terkini dan peluang-peluang yang ada", kata Bupati.

Namun menurut Bupati,  disisi lain tingginya kemiskinan, melebarnya ketimpangan, melemahnya daya beli masyarakat, permasalahan akses dan tata ruang wilayah, masalah kualitas sumber daya manusia masih menjadi permasalahan utama daerah dan menjadi pekerjaan rumah yang harus kita selesaikan ditengah hambatan kondisi pandemi covid. "Oleh sebab itu, kita perlu memikirkan strategi agar masyarakat tetap dapat beraktivitas dengan aman, sehat, dan tetap produktif serta menyeimbangkan antara perputaran roda ekonomi", katanya.

Sementara itu Kepala Bappeda Triyono, S.IP, MM menyampaikan, tahun 2022 merupakan tahun yang sangat strategis, dimana merupakan tahun terakhir atau tahun kelima pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kulon Progo 2017-2022.

"Oleh karenanya, dalam perencanaan RKPD tahun 2022, kita harus berpikir strategis dan menyinergikan program dan kegiatan pada masing-masing Perangkat Daerah untuk mencapai target/tolok ukur yang telah ditetapkan", jelas Triyono.

Dijelaskan Triyono hal tersebut merupakan beban yang tidak ringan untuk mencapai sasaran dan terget indikator, apalagi pada tahun 2020 perencanaan dan penganggaran yang sudah disusun harus direfokusing karena covid. "Kedepan kita harus berinovasi untuk tercapainya target RPJMD, kalaupun tidak tercapai minimal mendekati target", jelasnya.

Untuk itu Triyono menambahkan, berdasarkan isu strategis dan permasalahan daerah yang ada maka tema utama RKPD 2022 adalah 'Meningkatkan Kualitas SDM Yang Berkarakter dan Berbudaya dengan Mengoptimalkan Peluang Dampak Positif Proyek Strategis Nasional dalam rangka Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Sosial Untuk Pertumbuhan Kulon Progo'. MC Kulon Progo/tn