Dorong Pemulihan Ekonomi Kreatif Didestinasi Wisata, Komisi X DPR RI Lakukan Kunjungan Ke Kulon Progo

  • 07 Desember 2020 15:20:56
  • 268 views

Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI melakukan kunjungan kerja Panja Ekonomi Kreatif pada Masa Persidangan II Tahun 2020-2021 ke Kabupaten Kulon Progo, Jumat (4/12/2020), di Taman Budaya kulon Progo. Komisi X DPR RI guna  mendorong pemulihan di sektor pariwisata dan penguatan ekonomi kreatif di masa pandemi Covid-19, karena pariwisata termasuk sektor tumpuan.

Dalam kunjungan kerja tersebut, rombongan DPR RI disambut oleh Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo, beserta Setda Kabupaten Kulon Progo, Kepala OPD terkait.

Bupati Kulon Progo Sutedjo mengatakan Kabupaten Kulon Progo terus berupaya menata seluruh aspek kehidupan memasuki era tatanan kehidupan baru ini. Mulai dari pedagang pasar, PKL, tempat wisata, sampai ke kantor-kantor instansi pemerintah terus dihimbau untuk terus menerapkan protokol kesehatan secara disiplin, agar angka kasus positif Corona segera turun.

“Pemerintah Kabupaten Kulon Progo akan sangat berterima kasih apabila Komisi X DPR RI berkenan memberikan masukan-masukan terkait pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di Kulon Progo,” ujarnya.

Sutedjo menambahkan Kulon Progo melalui Dinas Pariwisata terus melakukan peninjauan, pemantauan dan pembinaan kepada pengelola-pengelola tempat wisata yang ada, agar terus berkreasi dalam mengelola tempat wisatanya dan tetap menerapkan aturan-aturan yang ada.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih mengungkapkan bahwa tujuan kunjungan kerja di Kulon Progo dalam rangka mengidentifikasi dan menampung permasalahan maupun saran sebagai upaya penguatan ekonomi kreatif.

Di masa pandemi Covid-19, DPR RI terus mendorong pemulihan ekonomi melalui sektor pariwisata dan penguatan ekonomi kreatif karena merupakan sektor yang diandalkan.

“Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif memiliki kontribusi yang paling tinggi terhadap devisa negara setelah migas, batu bara dan sawit,” ujarnya.

Komisi X DPR RI memberikan persetujuan kepada Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk membuat kebijakan untuk membangkitkan kembali destinasi wisata dengan menerapkan  menerapkan protokol Cleanliness, Healthy, Safety dan Environment Sustainability (CHSE). MC Kulon Progo/hh/trbjog/