Peringatan Hari Guru Nasional, Bupati Kulon Progo Serahkan Penghargaan

  • 26 November 2020 10:41:51
  • 80 views

Wates - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo, menggelar Resepsi Hari Guru Nasional (HGN) ke-27 dan Hari Ulang Tahun ke-75 PGRI. Diikuti Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Kulon Progo dan Kepala Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Kulon Progo. Digelar secara daring melalui aplikasi Zoom meeting serta disiarkan langsung melalui Youtube PGRI Kulon Progo, di Aula Adikarta, kompleks Pemkab Kulon Progo. Rabu (25/11/2020).

Acara tersebut juga dilakukan penyerahan penghargaan untuk Kepala Sekolah dan Guru Berprestasi serta penghargaan untuk Guru Tidak Tetap (GTT) dengan masa kerja paling lama yang diserahkan secara langsung oleh Bupati Kulon Progo, Drs. H.Sutedjo.

Bupati Kulon Progo, Sutedjo melalui sambutannya mengatakan bahwa Bapak - Ibu Guru anggota PGRI yang selama ini telah berperan secara aktif dalam pelaksanaan pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, khususnya di bidang pendidikan.

“Peranan PGRI tidak dapat disangkal lagi, karena melalui perannya inilah anak bangsa mendapatkan pendidikan yang berkuallitas, yang kedepan diharapkan menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas pula.” ungkapnya.

Sutedjo menambahkan dengan meningkatkan dedikasi, loyalitas dan profesionalisme guru akan berdampak positif terhadap kinerja dan prestasi guru. Sehingga berdampak pada peningkatan kualitas lulusan peserta didiknya sebagai kontribusinya dalam kegiatan pembangunan bangsa.

“Prestasi kerja guru ini semakin penting, karena merupakan wujud dari harkat dan martabat guru yang mulia dalam mengabdi pada kemanusiaan dan kesetiaan pada bangsa dan negara,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua Penyelenggara, Timbul Widodo, S.Pd. mengatakan bahwa peringatan HGN ke-27 dan HUT PGRI ke-75 ini sedikit berbeda dengan peringatan tahun lalu karena situasi pandemi Covid-19, acara ditambah dengan kegiatan-kegiatan daring.

Selain itu, diberikan penghargaan untuk Kepala Sekolah dan Guru Berprestasi serta penghargaan untuk GTT dengan masa kerja paling lama 44 tahun dan masa kerja termuda 10 tahun dengan total 17 penerima penghargaan.

“Penyerahan penghargaan kami lakukan sebagai bentuk apresiasi kepada mereka yang sudah mengabdikan secara ikhlas tanpa memperhitungkan jumlah gaji.” ujar Timbul Widodo.

Resepsi peringatan kali ini menjadi ajang pada tahun depan untuk menginventarisasi lembaga-lembaga pendidikan dibawah naungan PGRI yang terdiri dari 23 TK PGRI di Kabupaten Kulon Progo, 2 SLB, 1 SMP dan 1 SMK yang nantinya juga akan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah. MC Kulon Progo/nia