Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke – 56, Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat

  • 19 November 2020 14:41:04
  • 94 views

Wates – Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo menggelar Resepsi Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke – 56 dengan tema  “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat” dan dengan sub tema “Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19” di Aula Adikarta, kompleks Pemkab Kulon Progo, Kamis (12/11/2020).

Resepsi upacara tersebut merupakan serangkaian acara yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo sekaligus penyerahan penghargaan kepada 3 kategori yang terdiri dari  26 penerima penghargaan. Pemberian penghargaan diserahkan langsung oleh Bupati Kulon Progo, Drs.H.Sutedjo yang turut hadir dalam acara tersebut.

Terdapat 3 kategori penghargaan yang diberikan saat Resepsi Upacara Peringatan HKN Ke-56 yaitu 5 penghargaan untuk kategori Tenaga Kesehatan Teladan, 8 penghargaan untuk kategori Pengelola Pelayanan Kesehatan Terbaik dan 13 penghargaan untuk kategori Penghargaan Atas Dedikasi Dalam Penanganan Covid-19.

Penghargaan juga diberikan dari Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto kepada Bupati Kulon Progo, Drs.Sutedjo atas Peran Serta Optimal dalam Mewujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat serta Mendukung Upaya Pencegahan Penyakit Tidak Menular. Selain itu, penyerahan bantuan masker dari Kementerian Kesehatan RI juga diserahkan ke Bupati Kulon Progo untuk diteruskan ke Kapanewon yang nantinya akan dibagikan ke masyarakat.

Bupati Kulon Progo, Drs.H.Sutedjo menyampaikan bahwa acara resepsi Upacara Peringatan HKN Ke-56 ini agak spesifik karena masih dengan suasana Pandemi Covid-19 sehingga terdapat keterbatasan. Tetapi justru karena ada pandemi Covid-19 kegiatan-kegiatannya lebih fokus dari kesehatan-kesehatan pada umumnya.

Sutedjo juga menyampaikan apresiasinya kepada para lembaga, institusi maupun kelompok masyarakat yang telah membantu menangani Covid-19.

“Hari ini kami pemerintah kabupaten merasa selama menangani Covid-19 selama kurang lebih 8 bulan ini banyak elemen masyarakat, lembaga, institusi maupun kelompok masyarakat yang perjuangannya serta pengabdiannya di bidang kemanusiaan dalam penanganan Covid-19 ini luar biasa. Sehingga, kami memberikan penghargaan khusus untuk lembaga, atau kelompok-kelompok lainnya yang secara aktif dengan segala pengorbananan dan pengabdian mereka.” Tutur Sutedjo.

Selain itu, Ketua panitia acara Resepsi Upacara Peringatan HKN ke-56, drg. Hunik Rimawati, M.Kes mengatakan bahwa acara Resepsi Upacara Peringatan HKN ke-56 ini merupakan acara puncak dari rangkaian acara Hari Kesehatan Nasional yang diselenggarakan selama 1 bulan.

“Rangkaian acara kita selenggarakan selama 1 bulan karena adanya pandemi Covid-19. Namun, biasanya kita selenggarakan selama 2-3 bulan. Karena situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan, peserta yang hadir juga tidak semua. Jadi yang OPD hanya sekitar 30% dan masing-masing puskesmas juga tidak membawa semua stafnya tetapi mereka mengikuti melalui live streaming.”

Acara ditutup dengan tepuk tangan selama 56 detik untuk  mengenang jasa-jasa pengorbanan para tenaga medis yang meninggal karena sudah berjasa dalam menangani Covid-19.