Pemkab Kulon Progo Dukung Revitalisasi Destinasi Wisata

  • 16 November 2020 09:00:40
  • 94 views

Panjatan - Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam rangka revitalisasi destinasi pariwisata regional I, bersama Pemkab Kulon Progo melalui Dinas Pariwisata melakukan sosialisasi Clean, Health, Safety and Environment Sustainability (CHSE) guna memberikan pemahaman kepada masyarakat, pelaku serta pembina pariwisata tentang prilaku adaptasi kebiasaan baru di setiap destinasi wisata salam masa pandemi Covid-19. Acara berlangsung di Pantai Bidara, Panjatan, Jumat (13/11/2020).

Selain soialisasi untuk revitalisasi destinasi pariwisata acara tersbut juga dilakukan gerakan aksi bersih dan pencanangan program bedah wisata guna mengembangkan destinasi wisata Pantai Bugel sehingga membawa manfaat yang lebih besar utamanya bagi peningkatan kualitas destinasi wisata dan usaha jasa pariwisata di Kabupaten Kulon Progo.

Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo dalam sambutannya mengatakan di Pantai Bidara akan dikembangkan sebagai objek wisata terpadu yang akan berkolaborasi dengan unsur terkait seperti Dinas Pertanian, Perikanan dan lainnya guna mendukung revitalisasi destinasi wisata.

“Maka dari itu, kami membentuk tim produksi pariwisata kolaboratif pengembangan destinasi wisata ini, dan mendapat dukungan dari Kemenparekraf untuk membantu perencanaan program ini,” kata Sutedjo.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo Joko Mursito menjelaskan bahwa Pantai Bidara ini merupakan bagian dari pantai Bugel, dinamakan Bidara karena tanaman Bidara tumbuh disini, selain itu pantai ini memiliki sejarah panjang seperti adanya sumur tua yang dibangun sejak zaman dahulu, serta petani garam pada waktu itu, dan memiliki filosofi seperti sumbu imajiner.

“Pantai Bidara coba kita angkat menjadi salah destinasi wisata baru, kedepan akan kita angkat budaya maritim untuk mengairahkan kembali semangat, adat budaya dan tradisi yang ada di seputaran Pantai Bidara kawasan Pantai Bugel ini,” ujarnya.

Selain itu, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastuktur, Direktorat Pengembangan Destinasi Regional I, Kemenparekraf Wastutik mengatakan bahwa di Kulon Progo, Kemenparekraf sudah melakukan beberapa kegiatan berupa pendukungan untuk merevitalisasi beberapa daerah wisata, diantaranya Goa Kiskendo, Pantai Trisik,

“Saat ini kami melakukan sosialisasi untuk CHSE dimasa pandemi Covid-19, di dunia pariwisata tetap bangkit, semangat untuk beraktifitas  dengan melakukan protokol kesehatan,” ujarnya. MC Kulon Progo/harjo/hh/Trb.