KORPRI Kulon Progo Tanam 1.089 Bibit Pohon Di Hargorejo

  • 16 November 2020 08:48:38
  • 71 views

Kokap – Dalam rangka memperingati HUT Ke-49 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI), yang jatuh pada 29 November, Dewan pengurus KORPRI Kabupaten Kulon Progo menggelar kegiatan penanaman pohon di sekitar mata air, berlangsung di Dusun Ngaseman, Hargorejo, Kokap, Kulon Progo, Jumat (13/11/2020). Penanaman pohon sebanyak 1.089 bibit pohon ini sebagai program Konservasi Lingkungan Hidup atau Sumber Daya Air.

Kegiatan ini terselengara kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo, Perumda Tirta Binangun dan KORPRI Kabupaten Kulon Progo. Tujuan acara tersebut yaitu untuk menggugah masyarakat yang ada di wilayah Hargorejo untuk selalu berusaha melestarikan konservasi air.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kulon Progo, Ir. RM. Astungkoro, M.Hum selaku Ketua Umum KORPRI mengatakan bahwa di Kulon Progo saat ini setelah berdirinya YIA  terdapat persoalan mengenai masalah lingkungan karena adanya sampah. Dalam hal ini perlu adanya kesadaran masyarakat serta perlunya penanaman di sekitar mata air agar dapat  menjaga keberadaan sumber air.

Astungkoro menambahkan minimnya tanaman di wilayah ini, membuat pihaknya mengajak masyarakat untuk menanam sejumlah pohon tersebut, apabila pohon tersebut ditanam dengan jumlah yang banyak, maka mata air bakal terjaga kebersihannya

“Apa yang kita lakukan ini jangan hanya dilihat nilai dan barangnya, tetapi apa yang kita lakukan yaitu untuk anak-cucu kita, Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat untuk masyarakat sekitar.” ujar Astungkoro.

Sementara itu, Penjabat sementara Lurah Hargorejo, Ahmad Suyudi mengatakan bahwa kegiatan ini untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya Sumber Daya Air. Selain itu untuk melestarikan konservasi air terutama di tempat- tempat kalurahan Hargorejo.

“Kegiatan penanaman pohon yang diadakan oleh Dinas Lingkungan Hidup bersama Perumda Tirta Binangun dan KORPRI kali ini merupakan kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan di wilayah kami,” tutur Ahmad Suyudi.

Ahmad Suyudi berharap bahwa kedepannya kegiatan ini dapat dilanjutkan lagi ke daerah lebih luas jangkauannya, Sehingga  masyarakat terus-menerus teredukasi mengenai penenaman pohon di wilayah Hargorejo.

Adapun beberapa kegiatan untuk menyambut HUT ke-49 KORPRI di kabupaten Kulon Progo antara lain Pemeriksaan Kesehatan bersama Dinas Kesehatan pada Jumat (20&27/11), serta apel HUT KORPRI pada Senin (30/11) di Halaman Pemkab Kulon Progo. MC Kulon Progo/Nia.