Sebagai Pusat UMKM di Kulon Progo, Bupati Resmikan Gallery Lestari

  • 10 November 2020 14:59:17
  • 214 views

Wates - Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo meresmikan Gallery Lestari, sebagai pusat UMKM di Kabupaten Kulon Progo. Peresmian dilaksanakan di kompleks Rumah Makan (RM) Pondok Lestari, Jl. Tentara Pelajar No 44, Area Sawah, Wates, pada Senin (9/11/2020). Rangkaian kegiatan peresmian Gallery Lestari Pusat UMKM Kulon Progo dan pameran produk UMKM ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2020

Kegiatan yang dilaksanakan ini, merupakan kolaborasi  dari Dinas Koprasi UKM Kulon Progo dengan RM Pondok Lestari untuk mengembangkan, memberikan fasilitas dan memperkenalkan  produk – produk lokal Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kulon Progo melalui wadah galeri UMKM.

Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo dalam sambutannya mengatakan konsep yang dikembangkan di Galeri Lestari dengan isian beberapa produk UMKM diantaranya batik dan produk makanan lokal Kulon Progo, dapat membantu UMKM dalam menampilkan produknya.

“Keberadaan Galeri Lestari ini dengan konsepnya yang seperti ini sungguh-sungguh dijiwai dengan semangat Bela Beli Kulon Progo. Tentunya semangt untuk memberdayakan potensi lokal kita, harus senantiasa kita dukung,” ujarnya.

Bupati mengimbau kepada  pelaku UMKM agar meningkatkan kualitas setiap produk yang dijual,  harus diperhatikan dengan standar yang ketat, agar konsumen menaruh kepercayaan pada outlet ini.

“Harapannya keberadaan Gallery Lestari dapat menjadi penyemangat UMKM dalam mengembangkan kreasi dan inovasi produk, selain itu sebagai salah satu alternatif destinasi wisata kuliner dan UMKM untuk tamu-tamu dari luar Kulon Progo,” ungkap Sutedjo.

Sementara itu, Kepala Dinas Koprasi dan UKM Kulon Progo Dra. Sri Harmintarti, MM mengatakan peresmian ini sebagai tindak lanjut kerjasama antara Dinas Koperasi dan UKM dengan CV Menara Bintang. tentang Pengembangan dan Pemberdayaan Koperasi dan UMKM di Kulon Progo.

“Pameran produk UMKM ini akan dilaksanakan selama tiga hari pada (8 -10/11). Pada peresmian Gallery Lestari Pusat UMKM ini, juga dilaksanakan peresmian outlet Kopi StarProg di lokasi Gallery Lestari,” ujar Sri Harmintarti.

Lebih lanjut, Sri Harmintarti menjelaskan Gallery Lestari nantinya akan diisi dengan beberapa produk UMKM Kulon Progo antara lain: Batik Kulon Progo sejumlah 15 UMKM, produk Kerajinan Kulon Progo sejumlah 4 UMKM,  dan Produk makanan lokal Kulon Progo sejumlah 13 UMKM.  dalam pemasarannya di gallery ini dilakukan secara online maupun offline. Selain itu untuk meningkatkan kualitas produk Dinas Koprasi dan UKM juga meningkatkan kurasi untuk pengemasan produk.

Owner Gallery Lestari Hj. Ari Dwi Lestari, ST, S.Psi menyampaikan komitmen dan segala upaya dalam pemberdayaan UMKM di Kulon Progo berkerjasama dengan Dinas Koprasi UKM Kulon Progo untuk bersinergi.

“Berharap Gallery Lestari dapat menjadi penyemangat UMKM dalam mengembangkan kreasi dan inovasi produk, karena di Gallery Lestari ini nantinya produk-produk UMKM akan dipromosikan dan diperkenalkan kepada masyarakat, baik secara offline maupun online oleh Tim dari Gallery Lestari berkolaborasi dengan Dinas Koperasi UKM Kulon Progo,” kata Ari Dwi Lestari.

Dengan diresmikannya Gallery Lestari sebagai pusat UMKM sebagai media informasi, promosi serta penjualan produk. Sehingga dapat lebih dikenal dan diminati oleh konsumen, baik lokal, regional, nasional maupun internasional. Serta mampu memberikan manfaat yang lebih besar bagi pelaku UMKM untuk peningkatan perekonomian maupun kesejahteraan masyarakat.

Peresmian tersebut ditandai dengan pemotongan tumpeng dan juga dilaksanakan ekpose batik genre baru dari paguyuban batik Gemblung Kulon Progo yang diperagakan oleh pejabat OPD di lingkup Pemkab Kulon Progo. MC Kulon Progo/hry