Bupati Kulon Progo Kunjungi Korban Bencana Tanah Longsong di Kalurahan Kalirejo

  • 09 November 2020 08:50:59
  • 87 views

Kokap – Bupati Kulon Progo, Drs. Sutedjo bersama Baznas Kulon Progo mengunjungi korban tanah longsor di Kalurahan Kalirejo, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Jumat (6/11/2020). Kunjungan Bupati Kulon Progo dan Baznas dilakukan di 2 lokasi terdampak tanah longsor yaitu pertama di Dusun Plampang II dan Dusun Plampang I.

Dalam kunjungannya Bupati menyerahkan bantuan bedah rumah dari Baznas untuk korban tanah logsor guna membangun rumah bagi korban tanah longsor. Bencana tanah longsor yang terjadi di Palampang II merusak dua rumah yaitu milik Bapak Somo Wiyono dan Bapak Kusnan. Kejadiannya pada Selasa (27/10) pukul 04.30 WIB.

Lurah Kalirejo Lana mengatakan bahwa akibat tanah longsor di Dusun Plampang 2 ini kerugian mencapai Rp150 Juta. Kerugian tersebut meliputi rusaknya bangunan rumah, sepeda motor, alat elektronik dan beberapa perabot rumah tangga.

Selain itu, pembangunan rumah untuk korban tanah longsor saat ini sedang dilakukan dan masih dalam proses. “Saat ini kami progres membuat rumah dan semoga segera diatasi kurang lebih selama 1 bulan,” ungkap Lana.  

Pada kunjungan Bupati Kulon Progo yang kedua yaitu di dusun Plampang I, melihat kondisi warga terdampak. Kejadian tanah longsor tersebut merusak bangunan rumah milik keluarga Bapak Sunarman dan Bapak Wakhid.

Dalam kunjungannya Bupati Kulon Progo, Drs.H.Sutedjo menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan untuk korban diharapkan dapat meringankan biaya untuk pembangunan rumah korban tanah longsor.

Sutedjo mengajak kepada semua masyarakat bahwa budaya gotong - royong di lingkungan kita harus dipelihara dengan baik - baik. “ Kita harus segera sadar bahwa kita semua pasti membutuhkan orang lain dan tidak bisa hidup sendiri,” tutur Sutedjo.

Keluarga korban tanah longsor juga berharap dengan diberikannya bantuan dana untuk pembangunan rumah dapat memberikan manfaat. MC Kulon Orogo/Nia/Dewi.