Kulon Progo Raih 3 Penghargaan di TOP BUMD Awards 2020

  • 29 Agustus 2020 08:06:17
  • 1316 views

Kulon Progo - Bupati Kulon Progo Drs.H. Sutedjo, menerima Penghargaan TOP Pembina BUMD Awards 2020 atas kinerja dan penghargaan untuk Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Binangun Kulon Progo dan PD. BPR Bank Pasar Kulon Progo dari Majalah Top Business. Penghargaan ini, diserahkan oleh CEO Madani Group dan Pemimpin Redaksi Majalah Top Business, Moh. Lutfi Handayani MM. MBA di The Sultan Hotel Jakarta Selatan, Kamis (27/08/2020). Pada penghargaan ini PDAM Tirta Binangun Kulon Progo juga meraih penghargaan TOP BUMD Awards 2020 star 4 (empat) dan PD.BPR Bank Pasar Kulon Progo meraih TOp BUMD Awards 2020 star 4 (empat).

TOP BUMD merupakan gelaran tahunan dengan kegiatan penilaian kinerja BUMD dengan pemberian award sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan tertinggi yang diberikan kepada BUMD-BUMD di Indonesia yang dinilai berhasil dalam hal peningkatan kinerja bisnis, layanan dan kontribusi terhadap perekonomian daerah.

Ketua Panitia Penyelenggara TOP BUMD 2020 sekaligus CEO Madani Group dan Pemimpin Redaksi Majalah Top Business, Moh. Lutfi Handayani MM, MBA mengatakan, TOP BUMD Award 2020 adalah ajang penghargaan BUMD terbesar dan paling bergengsi di Tanah Air. Pada 2020 ini, mengambil tema Strategi Keberlangsungan Bisnis BUMD di Era New Normal. 

Bupati Kulon Progo, Sutedjo bersyukur atas perolehan penghargaan sebagai pembina BUMD untuk tahun 2020 pada event Top BUMD Award 2020. Hasil ini, tidak lepas dari peran serta dua BUMD Bank Pasar Kulon Progo dan PDAM Kulon Progo sebagai Top BUMD bintang 4. Sutedjo berharap, penghargaan ini dapat menumbuhkan motivasi dan kinerja BUMD lainnya.

“Tentu ini menjadi spirit untuk meningkatkan pembinaan pada BUMD pada umumnya. Karena kita masih punya BUMD-BUMD lain yang kami berharap nanti juga BUMD lain ini juga bisa meraih penghargaan. Sehingga, penghargaan ini memberi spirit atau motivasi kita untuk bisa meningkatkan kapasitas, kapabilitas bagi BUMD-BUMD yang ada di Kulon Progo. Kami juga berharap memacu semangat bagi BUMD yang lain agar nanti bisa ikut dalam Top BUMD Award pada tahun berikutnya” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama PDAM Tirta Binangun, Jumantoro S.E, berterima kasih pada Bupati Kulon Progo, selaku pembina yang telah memberikan banyak arahan dan bimbingan kepada PDAM, serta berbagai pihak yang telah membantu dan akan terus berupaya menghadirkan beragam terobosan dan meningkatkan performa usaha.

“Alhamdulillah kami hari ini mampu mendapatkan atau bisa mendapatkan penghargaan ini juga tidak bisa terlepas dari seluruh komponen karyawan PDAM, Masyarakat Kulon Progo, pelanggan PDAM Kulon Progo yang selama ini sudah sangat mensupport kami untuk bisa memberikan pengabdian yang lebih lagi setelah kami mendapatkan penghargaan ini,” jelas Jumanto.

Jumantoro menambahkan, pada masa pandemi PDAM Tirta Binangun memberikan potongan 10% bagi golongan Rumah Tangga K2, serta inovasi meluncurkan program sambungan rumah dengan sistem angsuran yang rencananya akan dimulai pada September. Lebih lanjut, Jumantoro berharap lebih banyak masyarakat Kabupaten Kulon Progo yang akan terbantu dengan adanya program sambungan rumah. 

Selain itu, PT BPR Bank Pasar Kulon Progo memperoleh TOP BUMD Kategori Perbankan, Direktur Utama Joko Purnomo, SH. S.Pd. MM menuturkan, penghargaan yang diraih ini menunjukkan apresiasi terhadap pencapaian kinerja PT BPR Bank Pasar Kulon Progo setahun terakhir. 

“Dengan adanya pemberian penghargaan ini semakin meningkatkan semangat kami dalam melayanan terutama nasabah yang sudah bergabung maupun yang belum menjadi nasabah. Kami semua berharap mewujudkan Bela-Beli Kulon Progo melalui kemampuannya secara sukarela menjadi nasabah PT BPR Bank Pasar Kulon Progo” pungkasnya.

Diketahui TOP BUMD Awards 2020 diikuti oleh 163 BUMD finalis dari total sekitar 1.149 BUMD di Indonesia. Dari jumlah tersebut, sebanyak 119 BUMD yang mengikuti proses penilaian secara lengkap, termasuk Wawancara Penjurian, yang telah diselenggarakan secara online sejak 16 Maret sampai 8 Juni 2020 secara Online.

Ada 8 Profesor dan beberapa Doktor diantara 30 Dewan Juri yang juga pakar dan ahli dibidang manajemen Bisnis dan BUMD, yang melakukan penilaian dalam TOP BUMD Awards ini. Ajang penghargaan TOP BUMD Awards 2020 digelar oleh majalah Top Business bersama Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) dan Lembaga Kajian Nawacita (LKN), serta beberapa lembaga Tim Penilai. MC Kulon Progo/Lia/Hari.