Rangkaian Kegiatan Festival Seni Tradisi, Resmi Ditutup

  • 25 Agustus 2020 16:38:02
  • 733 views

Kulon Progo - Bupati Kulon Progo, Drs. Sutedjo menutup rangkaian kegiatan festival seni tradisi di Auditorium Taman Budaya Kulon Progo, Senin (24/8/2020). Turut hadir Wakil Bupati Kulon Progo, Fajar Gegana, Wakil Ketua DPRD Kulon Progo, Ponimin Budi Hartono, S.E., Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkab Kulon Progo, Jumanto, S.H., Staf Ahli Bupati Bidang KSDM, Bambang Sutrisno, S. Sos, M. Si, Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan), Dra. Niken Probo Laras, S.Sos, M.H., OPD terkait, Forkopimkap, Dewan Kebudayaan, Dewan Juri dan para seniman.

Acara ini merupakan penutupan serangkaian kegiatan yang dimulai tanggal 11 Agustus 2020, diantaranya festival dalang anak dan remaja, langen carito dan kethoprak. Pelaksanaannya bekerja sama dengan satgas penanganan Covid-19, termasuk TNI dan Polri yang selalu melaksanakan protokol kesahatan penanganan Covod_19. "Semua panitia telah melaksanakan protokol kesahatan dengan sebaik-baiknya", ujar Niken Probo Laras.

Hasil perolehan juara untuk festival dalang anak diraih Kapanewon Sentolo, dalang remaja diraih Kapanewon Samigaluh dan Langen Carita diraih Kapanewon Sentolo.

Perolehan juara untuk festival kethoprak tingkat Kabupaten Kulon Progo juara 5 adalah Kapanewon Lendah, juara 4  Kapanewon Kalibawang, juara 3 Kapanewon Samigaluh, Juara 2 Kapanewon Pengasih dan juara 1 diraih Kapanewon Girimulyo.

Sutedjo merasa bersyukur dengan adanya kegiatan ini, karena mayoritas pemainnya adalah anak-anak muda. Untuk festival kethoprak tahun ini dimenangkan Kapanewon Girimulyo. Untuk Kapanewon yang lain masih ada peluang untuk juara di tahun yang akan datang.

"Kepada semua Kapanewon, kami berharap nanti tahun-tahun selanjutnya untuk berkiprah dalam festival ini penuh semangat, sehingga semua Kapanewon punya peluang yang sama,” ujarnya.

Selain itu, Sutedjo kembali menegaskan bahwa budaya merupakan jati diri sebuah bangsa, sehingga harus dilestarikan. "Eksistensi sebuah bangsa terletak pada jati dirinya", tegasnya.

Hasil kejuaraan festival kethoprak yang diikuti oleh pemain dengan usia maksimal 35 tahun ini dibacakan oleh ketua dewan juri, Imam Syafii. Kapanewon Girimulyo berhasil mendapat beberapa peringkat terbaik sekaligus untuk kategori sutradara, pemeran utama pria, pemeran utama wanita, penata iringan, penata busana, penulis naskah dan artistik. Kapanewon Pengasih mendapatkan peringkat terbaik untuk kategori pembantu pria dan pembantu wanita. MC Kulon Progo/Henry.