Science Corner Taman Pintar DI YIA, Resmi Di Buka  

  • 11 Agustus 2020 00:00:00
  • 896 views

Temon – Dalam rangka mewujudkan pelayanan prima secara berkelanjutan guna mendukung promosi pariwisata dan budaya, PT Angkasa Pura I berkolaborasi dengan Taman Pintar Yogyakarta meluncurkan Science Corner di Yogyakarta International Airport (YIA) tepatnya di depan Gate 1 B. Senin, (10/8/2020).

Inovasi adanya Science Corner Taman Pintar di Bandara ini merupakan yang pertama di seluruh Bandara Indonesia. Seperti yang diketahui, Taman pintar adalah salah satu ikon wisata di Yogyakarta, yang berhasil memadukan konsep permainan dengan ilmu pengetahuan. Science Corner Taman Pintar ini hadir sebagai wahana ekspresi, apresiasi, dan kreasi untuk penyebaran informasi IPTEK bagi pengguna jasa layanan bandara.

Wakil Bupati Kulon Progo, Fajar Gegana mengatakan, Transportasi udara menjadi pilihan para pelancong dalam berpergian antar negara dan antar kota. Pembangunan Bandara di Kulon Progo selain dapat membangun konektivitas di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta juga dalam rangka mendukung destinasi wisata kawasan Borobudur yang merupakan salah satu dari 10 Kawasan Nasional Pariwisata Nasional. Mengingat bahwa saat ini seluruh penerbangan sudah dialihkan ke Yogyakarta International Airport, maka seluruh sarana dan prasarana terus dilakukan penambahan dan penyempurnaan.

“Keberadaan Bandara berskala internasional ini tentunya sangat membanggakan terutama bagi warga masyarakat Kulon Progo. Apalagi saat ini bandara ini juga dilengkapi dengan science corner Taman Pintar, yang tentunya akan menjadi nilai tambah bagi bandara di mata pengguna jasa penerbangan,” ucap Fajar saat menghadiri Peluncuran Science Corner Taman Pintar di YIA, Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo

Fajar menambahkan, Hal ini juga dilaksanakan untuk mendukung sinergi pariwisata Joglosemar pada bulan April 2016 serta target 20% Pariwisata yang telah dicanangkan oleh pemerintah. Harapannya setiap pengunjung dapat semakin mengenali dan tidak melupakan salah satu identitas budaya yang menjadi ikon wisata

“Harapannya ke depan makin banyak orang yang memanfaatkan jasa penerbangan dan menggunakan fasilitas-fasilitas yang ada di bandara ini. Sehingga bandara YIA benar-benar menjadi bandara yang nyaman dan memiliki fasilitas yang sangat lengkap,”ujar Fajar.

Masih di kesempatan yang sama, Walikota Yogyakarta Drs. Haryadi Suyudi mengatakan, Science Corner ini akan sangat bermanfaat. Jika berbicara Science, untuk kedepannya akan mampu memberi bekal kepada siapapun. Semoga Science Corner ini memberikan manfaat bagi seluruh pengguna layanan jasa bandara sekaligus memberi rasa aman dan nyaman sehingga betah saat berada di Bandara.

Sementara itu, PTS General Manager Bandara YIA, Agus Pandu Purnama mengatakan, Yogyakarta merupakan kota Pendidikan. Melihat hal ini, PT Angkasa Pura I juga ingin nuansa pendidikan juga ada di dalam Bandara, dengan Taman Pintar sebagai ikon edukasi di Yogyakarta, maka kemudian di hadirkan didalam bandara YIA.

Agus Pandu menjelaskan, pada awalnya lokasi Science Corner ini adalah tempat untuk Reading Corner. Namun, agar lebih membuat nyaman pengguna jasa bandara, maka diganti dengan Science Corner.

“Didalam Science Corner ini banyak sekali yang bisa diakses. Dengan kehadiran ini akan membuat Bandara YIA akan lebih istimewa,” ujar Agus Pandu.

Sedangkan Kepala Bidang Pengelolaan Taman Pintar, Afia Rosdiana mengatakan, Science Corner tersebut terbagi beberapa zona. Pertama adalah zona penyambutan, kedua adalah zona Science, zona play ground dan keempat adalah zona membaca.

Turut hadir pada acara ini Walikota Yogyakarta, Bupati Kulon Progo, Ketua DPRD Yogyakarta, PTS General Manager Bandara YIA, Ketua DPD Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY, Ketua Badan Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta (BP2KY), dan Komandan Satradar Congot 215 Kulon Progo.

Peluncuran ditandai dengan pengguntingan buntal (rangkaian bunga) oleh PTS General Manager Bandara YIA didampingi Walikota Yogyakarta dan Wakil Bupati Kulo Progo.

Keberadaan Science Corner  di Bandara YIA ini diharapkan akan mendukung potensi seni budaya dan pariwisata di Yogyakarta serta akan  menambah pengalaman bagi para calon penumpang di Bandara. MC Kulon Progo/Fira.