Hari Raya Iduladha 1441 H, Presiden Jokowi Sumbang Sapi Satu Ton di Kulon Progo

  • 03 Agustus 2020 14:19:10
  • 820 views

Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo menyalurkan 8 ekor sapi yang berasal dari Presiden RI, Gubernur DIY, Bupati dan Wakil Bupati Kulon Progo, BPD DIY, Gapensi, PT. Angkasa Pura I, dan Adhi Karya serta 34 ekor kambing dari para donatur kepada 34 pemohon dari berbagai Kapanewon, diantaranya, Padukuhan, Masjid, Sekolah, Mushola, dan Panti Asuhan di Halaman Rumah Dinas Bupati, Kamis sore (30/7/2020).

Sutedjo berterima kasih dan mengapresiasi pada shohibul kurban atas kepedulian kepada masyarakat Kulon Progo. “Bantuan hewan kurban dari para donatur dan shohibul kurban ini diteruskan ke penerima yang memang sudah mengajukan permohonan, dan semoga bermanfaat untuk mempererat tali silarurahmi bagi umat muslim di Kulon Progo,” jelasnya saat ditemui usai penyerahan hewan kurban.

Tahun ini, Kabupaten Kulon Progo berkesempatan mendapatkan bantuan sapi kurban dari Presiden RI seberat satu ton, yang diserahkan pada Masjid Al-Iman, Kalurahan Banjarasri, Kalibawang. Sedangkan, Sapi Gubernur DIY diberikan Masjid Al-Amin, Dayakan, Pengasih, dan Sapi milik Bupati dan Wakil Bupati Kulon Progo di Masjid Nur Huda Kedungtangkil, Pengasih.

Kepala Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat dan Kemasyarakatan, Setda Kulon Progo, Drs. Jazil Ambar Was’an mengatakan bahwa sapi Presiden sempat lepas karena tali yang mengikat di kepalanya terputus.

“Sapi ditempatkan di dekat pintu regol yang ada pohon pule dan pohon cemaranya, niatnya biar teduh ternyata malah kepanasan dan lepas sampai belakang rumah dinas bupati,” ungkapnya

Sutedjo menghimbau kepada seluruh masyarakat Kulon Progo untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan selama melaksanakan kegiatan Iduladha 1441 H mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir. Pemkab Kulon Progo telah menganjurkan memotong hewan kurban di Rumah Potong Hewan Ruminansia (RPH-R). Namun, jika tetap melaksanakan penyembelihan di luar RPH-R harus mengantongi Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpangan) Kulon Progo.

Sementara itu, Distanpangan pro aktif melakukan pemantauan terhadap tempat penjualan atau perdagangan hewan kurban dan titik-titik penyembelihan. MC Kulon Progo/Fira/Lia.