TMMD Sengkuyung Tahap II, Resmi Digelar di Kulon Progo

  • 01 Juli 2020 10:10:08
  • 331 views

Pemkab Kulon Progo bersama Kodim 0731 Kulon Progo menggelar penandatangan dan penyerahan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap II, di ruang rapat Menoreh, kompleks Pemkab Kulon Progo. Selasa (30/6/2020).

Kegiatan tersebut dalam rangka sinergi kolaborasi antara pemerintah TNI dan masyarakat, dengan tema TMMD Pengabdian Untuk Negeri. Kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II ini di lakukan dengan berbagai kegiatan di Kalurahan Hargorejo, Kapanewon Kokap pada (30/6) sampai (29/7). Dengan sasaran kegiatan berhubungan dengan prasarana fisik, corblok sejauh 500 meter dengan lebar tiga meter dengan ketebalan 12 cm, gorong-gorong sebanyak  tujuh unit dan kegiatan non fisik lainnya.

kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Dalduk & KB Sudarmanto, S.IP,M.SI. mengatakan TMMD Sengkuyung tahap II ini merupakan proses kegiatan yang telah terlaksana pada tahap sebelumnya di 2020.

“Adapaun kegiatan yang telah terlaksanakan, yang pertama karya bakti TNI telah dilaksanakan pada petengahan Februari di Kapanewon Samigaluh, Kelurahan Purwoharjo. Kedua TMMD regular dengan keamanan kesehatan dan protokol yang tidak mengurangi rasa kepedulian masyarakat dilaksanakan di Girimulyo pada tanggal (16/3) sampai (16/4),” jelasnya.

Sudarmanto, menamabahkan untuk tahap III yang akan datang akan di laksanakan di Kalurahan Giripurwo, Kapanewon Girimulyo pada Oktober namun masih menunggu surat resmi dari komandan Kodim.

Sementara itu, Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo sangat mengapresiasikan program yang telah ditetapkan dan tidak lepas dari dukungan penganggaran dari DPRD, yang telah menyetujui dan membiayai TMMD regular dan APBD dengan senilai satu miliyar lebih.

“Kegiatan yang akan di pimpin oleh para TNI tentu akan menjadi optimis dan dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu,” ujarnya.

bupati menyarankan pekerjaan harus tepat waktu dan mengikuti protokol Kesehatan yang berlaku. Di himbau juga masyarakat melalui kepala desa dan kepala LPMD Desa Hargo Rejo untuk membantu TNI dalam menyelesaikan pekerjaannya karena TNI lah yang membantu rakyat.

Selain itu, Komandan Kodim 0731 Kulon Progo Letkol Inf.Dodit Susanto, A.Md menambahkan meskipun saat ini sedang adanya wabah Covid-19, hujan dan medan yang curam, TNI tetap akan menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu dengan protokol kesehatan. Dengan melibatkan banyak anggota. Serta masyarakat juga turut andil dalam pembangunan ini. TNI-Polri juga turut serta dalam kegiatan ini dan selalu membaur dengan masyarakat. “Pembangunan pada tahap II sudah berjalan kurang lebih 50% dan pekerjaan gorong-gorong sudah 45% ” Ujar Letkol Inf.Dodit Susanto.

Kegiatan penandatangan dan penyerahan kegiatan TMMD Sengkuyung di hadiri oleh Bupati Kulon Progo, Ketua DPRD Kulom Progo, Kepala Kodim 0731 Kulon Progo, Kapolres Kulon Progo, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Dalduk & KB, Kapanewu Kokap, Lurah Hargorejo, dan Kepala LPMD Desa Hargorejo. MC Kulon Progo/ren/des.