Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional XXVII Tahun 2020 di Kabupaten Kulon Progo

  • 30 Juni 2020 21:49:41
  • 737 views

Puncak Peringatan Hari Keluarga Naisonal (Harganas) Tahun 2020 di Kabupaten Kulon Progo, berlangsung di Praktek Mandiri Bidan (PMB) Sulastita Saraswati Kabupaten Kulonprogo. Kamis (29/06/2020). Pada peringatan Harganas kali ini Bupati Kulon Progo meyerahkan APD dan BKB Kit kepada pengelola PMD Sulastita Saraswati

Acara tersebut juga berlangsung secara virtual dan dilanjutkan dengan laporan secara singkat kepada Gubernur DIY tentang pelaksanaan KB Serentak Sejuta Akseptor di Wilayah Kabupaten Kulon Progo. Pada peringatan Hari Nasional XXVII Tahun 2020 mengambil tema BKKBN Baru dengan cara baru dan semangat baru hadir di dalam keluargamu dan menjadi Pelayanan KB Sejuta Akseptor sebagai inti dari puncak peringatan Harganas.

Menurut laporan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dalduk & KB Kulon Progo Sudarmanto, S.IP,M.SI., mengatakan dalam rangka Harganas sebagai upaya mempersiapkan loyalitas sumber daya manusia dan keluarga yang berkualitas di era yang akan datang, selain itu, meningkatkan pelayanan oneway dan juga akseptor.

“Kulon Progo mendapatkan target 1.108 akseptor dengan rincian untuk IUD dan implant 301 akseptor, suntik 193 akseptor, pil dan kondom 614 akseptor. Penyerahan secara simbolis APD dan BKB kit sebagai bentuk apresiasi dan pada harganas kali ini juga dilakukan dialog empat tempat layanan di RSUD, Galur, Sentolo, dan Nanggulan terkaiat pelayanan KB,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo dalam sambutan Harganas menyatakan bahwa keluarga merupakan pranata sosial pertama dan utama yang mengemban fungsi strategis dalam mebekali nilai-nilai kehidupan bagi anak yang tengah tumbuh dan berkembang untuk mencari makna dalam perjalanan hidupnya.

“Upaya mewujudkan keluarga yang berkualitas harus dimulai sejak akan memasuki kehidupan berkeluarga. Disinilah perlunya kaum young milenial dan zilenial dipahamkan tentang pentingnya melakukan perencanaan kehidupan berkeluarga untuk mewujudkan keluarga berkualitas sehingga mampu menghasilkan sumber daya manusia yang siap mendukung pembangunan,” ujarnya.

Tujuan dari peringatan Harganas tahun 2020 adalah menjadikan keluarga Indonesia Esensi sebagai Keluarga Keren serta melakukan perencanaan kehidupan berkeluarga dengan baik dan menerapkan asah, asih, dan asuh sebagai cerminan delapan fungsi keluarga. Memaknai Harganas 2020 tidak lepas dari upaya menggugah kesadaran dan kepedulian masyarakat maupun seluruh keluarga di Indonesia untuk berupaya memperbaiki kualitas diri.

Acara dihadiri secara langsung maupun secara virtual yaitu Gubernur DIY Sri Sultan Hamenkubuwono X, Ketua TP PKK DIY GKR Hemas, Kepala Perwakilan BKKBN DIY, Bupati Kulon Progo, Wakil Bupati Kulon Progo, Ketua PKK Kabupaten Kulon Progo, Kepala Dinas Kesehatan, Ketua IBI Cabang Kulon Progo, Mitra Program Bangga Kencana, Kepala BKKBN Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta, Kepala Sub Bidang Bina Pertahanan Remaja, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Kulon Progo dan Bapak Ibu beserta tamu undangan lainnya.

Harapan pada peringatan Harganas ke-27 tahun dapat dijadikan landasan berpijak bagi pemerintah untuk mengajak dan menggerakkan seluruh komponen bangsa serta masyarakat untuk bersatu padu mewujudkan keluarga berkualitas yang mengandung makna sebagai keluarga yang dibentuk berdasarkan perkawinan yang sah dan bercirikan sejahtera, sehat, maju, mandiri, memiliki jumlah anak yang ideal, berwawasan ke depan, bertanggungjawab, harmonis dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. (MC Kulon Progo)