Program Kampung Kulo Siap Amankan Warga (Kulo Siaga) Milik Polres Kulon Progo Resmi Di Luncurkan

  • 04 Juni 2019 00:00:00
  • 312 views

Program Kampung Kulo Siap Amankan Warga (Kulo Siaga) besutan Polres Kulon Progo, diresmikan  Kapolda DIY Irjen Pol Asep Suhendar, pada Selasa (2/6/2020). Di Mapolres Kulon Progo. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemukulan kentongan oleh Kapolda DIY, diikuti kapolsek jajaran Polres Kulon Progo.

Sebelum peresmian dilakukan apel bersama seluruh anggota Polres Kulon Progo dipimpin langsung oleh Kapolda DIY, dengan komandan apel Kapolres Kulon Progo AKBP Tartono.

Beberapa tamu undangan juga turut hadir mulai dari Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo, Ketua DPRD Kabupaten Kulon Progo Akhid Nuryati, Dandim 0731/Kulon Progo Letkol Inf Dodit Susanto, serta PJU Polda DIY dan Polres Kulon Progo.

Asep Suhendar dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Polres Kulon Progo dalam program Kampung Kulo Siaga. Menurutnya, sekarang adalah era teknologi, bukan lagi bertahan dengan era manual.

“Kita harus mengikuti perubahan Jika kita tidak melakukan atau menyesuaikan diri dengan perubahan, kita akan tertinggal dengan perubahan tersebut sehingga tidak dapat melayani masyarakat dengan baik,” ujar Asep Suhendar.

Ia berharap Kampung Kulo Siaga ini juga dapat melayani pengaduan terkait penyaluran bantuan sosial serta informasi Covid-19 bahkan kriminal di Kulon Progo, karena pentingmya penggunakan teknologi dalam penyempurnaan pembagian bantuan sosial untuk masyarakat.

Sementara itu, Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto menyampaikan bahwa posko Kulo Siaga tersebut nantinya akan berfungsi untuk mengatur atau mengkoordinasikan bantuan sosial terkait data-data yang berkaitan dengan bencana Covid-19. Karena masih banyak laporan terkait kurang tepat sasaran dalam pemberian bantuan.

"Polres Kulon Progo yang pertama membangun sistem ini, semoga bisa dicontoh oleh polres lain. Sehingga menjadi sebuah sinergitas yang baik dari berbagai pihak, mulai dari kecamatan, koramil, dan gugus tugas," kata Yuliyanto.

Diharapkan melalui posko ini masyarakat bisa turut mengawasi bersama pelaksanaan distribusi bansos. Masyarakat sendiri bisa langsung melapor melaui posko Kulo Siaga yang tersebar di 12 polsek dan Polres Kulon Progo. Usai apel, Kapolda DIY bersama Kapolres Kulon Progo dan Forkopimda Kulon Progo meninjau langsung Posko Kampung Kulo Siaga yang berada di Mapolres Kulon Progo. MC Kulon Progo/hh/suarajogja.id