Bupati Dukung Produksi Peci ‘Geblek Renteng’

  • 17 Mei 2020 00:00:00
  • 632 views

Dalam upaya medorong perekonomian masyarakat Kabupaten Kulon Progo melalui slogan ‘bela beli’ Kulon Progo, Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo terus menerus berupaya membuka simpul-simpul perekonomian masyarakat. Seperti yang dilakukan Bupati Sutedjo Minggu (17/5), saat melaunching peci bermotif ‘geblek renteng’ dari seorang perajin peci Sarbini, warga Pedukuhan Lengkong, Desa Donomulyo, Kapanewon Nanggulan, di sela penyerahan Bantuan Sosial Tunai (BST). 

Dalam Kesempatan tersebut turut hadir, Kepala Dinas Sosial Kulon Progo Drs.Irianto, M.Si, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kulon Progo Ifah Mufidati, S.H.,M.M., Panewu Kapanewon Nanggulan Drs. Duana Heru Supriyanta, M.M., Kepala Desa Donomulyo Sukijan dan yang lainnya. Di sela-sela penyerahan Bantuan Sosial Tunai (BST) di Balai Desa Donomulyo, Kapanewon Nanggulan Bupati menyambut baik dan mengapresiasi karya perajin lokal Kulon Progo tersebut.

Menurut Bupati, dalam upaya mewujudkan slogan bela beli Kulon Progo, pemerintah menyambut baik dan mengapresiasi kreativitas perajin peci yang telah mendesain peci dengan motif geblek renteng. “Kreativitas ini sangat baik karena mampu menciptakan peci dengan motif yang saat ini baru melegenda di Kulon Progo yaitu, motif geblek renteng. Jadi sekarang tidak saat ini motif geblek renteng tidak hanya menjadi motif pakaian batik saja, ada gapura bermotif geblek renteng, hiasan-hiasan di gedung dan mobil juga banyak yang menggunakan corak geblek renteng,” katanya.

Selanjutnya, Bupati mengharapkan kepada masyarakat yang biasa menggunakan peci untuk memakai peci hasil dari perajin Kulon Progo.

“Karena dengan dukungan dari semua lapisan masyarakat produktivitas masyarakat akan selalu terjaga dan sebagaimana produksi peci geblek renteng diharapkan akan selalu berkembang”, lanjutnya.

Melalui instansi-instansi pemerintah di lingkungan pemerintah Kabupaten Bupati akan menghimbau agar dalam acara-acara resmi yang menggunakan kelengkapan pakaian dengan berpeci, untuk menggunakan peci motif geblek renteng. Karena sering acara-acara kedinasan menggunakan kelengkapan pakaian berupa peci seperti, Pakaian Sipil Lengkap (PSL), Pakaian Sipil Resmi (PSR) dan dalam keseharian PNS juga ada yang mengenakan peci, kata Bupati.

Disisi lain, dalam kesempatan tersebut diserahkan Bantuan Sosial Tunai (BST) untuk 1362 Rumah Tangga Sasaran (RTS) yang ada di 6 (enam) Desa di Kapanewon Nanggulan. Sedangkan untuk Kepanewon Panjatan di hari yang sama, BST yang diserahkan sebanyak 2351 RTS. Jumlah tersebut merata untuk 11 Desa yang ada di Kapanewon Panjatan. MC Kulon Progo/haryana.