5.321 Kepala Keluarga Tedampak Pandemi Covid-19 Di Kulon Pogo, Akan Dapat BLT

  • 04 April 2020 00:00:00
  • 338 views

Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa telah cair di berbagai wilayah. Penerima penyaluran BLT diperuntukan keluarga miskin di desa yang terdampak pandemi wabah Corona Virus Disease (Covid-19). Penyaluran dana desa sebesar Rp600 ribu perbulan ini, diberikan secara tunai sampai  sejak April sampai Juni 2020.

Di Kulon Progo penyaluran BLT diserahkan secara simbolis oleh Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo kepada tiga  orang perwakilan diantaranya Santosa Abadi dari pedukuhan Klopo Sepuluh, kalurahan Bendungan, Sukinah dari Pedukuhan Kopat kalurahan Karangsari dan Sukidal dari Pedukuhan Wareng, Kelurahan Donomulyo.

Penyampaian BLT ini dengan ketentuan pada April diberikan di awal Mei, sedangkan BLT Mei diberikan akhir Mei, dan untuk Juni diberikan awal Juni, selama tiga bulan sesuai ketentuan pemerintah, untuk di Kulon Pogo dibeikan melalui rekening BPD DIY.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMD Dalduk KB) Sudarmanto, S.IP, M.Si mengatakan  kategori penerima BLT untuk masyarakat adalah dari hasil musyawarah tingkat kalurahan yang kemudian ditetapkan dengan peraturan lurah, untuk besaran nominal perKepala Keluarga (KK) adalah 600 ribu/bulan. Dengan sekema penyampaian BLT April diberikan awal Mei, BLT Mei diberikan akhir Mei, sedangkan BLT Juni diberikan awal Juni.

“Jumlah penerima sebanyak 5.321 penerima BLT yang tersebar di 87 Kalurahan seKulon Progo. Semua bantuan BLT tersebut akan disampaikan secara non tunai yaitu melalui rekening BPD,” jelasnya.

Menurutnya penyerahan simbolis tersebut dimaksudkan agar semua Kalurahan segera menyampaikan dana BLT kepada masyarakat penerima manfaat. Adapun sumber BLT tersebut berasal dari dana Desa. MC Kulon Progo/ev/hr.