RESMIKAN PUSKESMAS TEMON I, BUPATI AJAK MASYARAKAT UNTUK HIDUP SEHAT

  • 20 Februari 2020 00:00:00
  • 687 views

Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo meresmikan Puskesmas Temon I yang berada di Pedukuhan Kaliwangan Lor, Kalurahan Temon Kulon, Kapanewon Temon. Kamis (20/2/2020).

Pembangunan gedung baru ini dimulai pada 11 Juni 2019 dan selesai 7 Desember 2019. Puskesmas yang berlokasi di Bandara Internasional Yogyakarta ini mulai beroperasi pada 13 Januari 2020.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo dr. Sri Budi Utami, M.Kes. menuturkan bahwasannya gedung baru Puskesmas Temon I ini akan menggantikan Puskesmas Temon I yang lama.

“Melalui gedung baru ini kami berharap kedepannya akan menciptakan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada masyarakat,” tutur Sri.

Sri menjelaskan anggaran yang dipakai untuk pembangunan Puskesmas Temon I ini berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan total biaya delapan milyar yang dibangun di atas tanah seluas 30.379 meter kubik.

Dalam sambutannya, Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo menegaskan pembangunan Puskesmas Temon I ini sebagai upaya pemerintah daerah dalam memenuhi salah satu hak dasar rakyat yaitu hak untuk memperoleh layanan kesehatan yang bermutu sesuai amanat UUD 1945 Pasal 28 Ayat 1 dan UU Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

“Kami ingin Puskesmas berfungsi sebagai gatekeeper dalam mendukung pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional. Oleh sebab itu Puskesmas harus mampu dan mau melayani semua lapisan masyarakat dengan sebaik mungkin” tegas Sutedjo.

Dengan adanya gedung baru ini, Sutedjo berharap dapat menggugah semangat baru, inspiratif baru, dan dapat mendukung terwujudnya Kecamatan Sehat.

Disisi lain Sutedjo mengajak masyarakat untuk hidup sehat melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dengan meningkatkan aktivitas fisik  dan pola hidup sehat dalam kegiatan sehari-hari.

Melalui Peraturan Bupati Nomor 100 Tahun 2017 tentang Rencana Aksi Daerah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Di Kabupaten Kulon Progo, Sutedjo mengajak masyarakat untuk mempraktikan pola hidup sehat dalam Germas seperti: aktivitas fisik atau olahraga rutin setiap hari, mengonsumsi buah dan sayur setiap hari, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol dan zat adiktif lainnya, mengelola stress dengan baik, membudayakan Buang Air Besar (BAB) pada tempatnya , melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, cuci tangan pakai sabun, dan gerakan Keluarga Berencana (KB). MC Kulon Progo/Dani/Diah