307 ALTELT IKUTI KEJURKAB PENCAK SILAT PELAJAR BUPATI CUP 2020

  • 31 Januari 2020 00:00:00
  • 716 views

Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kulon Progo menggelar kejuaraan pencak silat Bupati Cup Kulon Progo 2020, yang diikuti 307 atlet dari tingkat SD, SMP dan SMA, di GOR Cangkring Wates, Jumat (31/1/2020). Pencak silat Bupati Cup Kulon Progo 2020 diselenggrakan dari 31 Januari sampai 1 Februari 2020.

Dibuka langsung Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo ditandai dengan pemukulan gong yang disaksikan oleh beberapa pejabat daerah seperti Kepala Disdikpora Kulonprogo Drs.Sumarsana, Ketua KONI Kulon Progo Bambang Gunoto S.Pd dan Ketua IPSI Kulon Progo Eko Wisnu Wardhana SE.

Ketua Panitia Bupati Cup Kulon Progo 2020 Arif Hidayat mengatakan event ini diikuti sebanyak 307 atlet, yang terdiri dari tingkat SD 79 atlet, SMP 110 atlet dan SMA 118 atlet.

“Pada kejuaraan pencak silat ini mempertandingkan 17 kelas dari tingkat SD dan SMP dengan kelas putra dan putri. Sedangkan untuk tingkat SMA dengan 16 kelas putra dan putri. Nantinya empat pesilat terbaik di masing - masing kelas, berhak mengikuti seleksi Pipda pencak silat tingkat Kabupaten," jelasnya.

Arif menambahkan Event ini dilaksanakan untuk pertama kali sebagai ajang menjaring atlet yang dipersiapkan mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) DIY 2020.

Sementara itu, Bupati Kulon Progo Sutedjo dalam sambutannya mengatakan kami merasa bangga, karena Kejuaraan Kabupaten (Kejurkab) Pencak Silat Pelajar Bupati Cup Tahun 2020 dapat diselenggarakan.

Sutedjo menjelaskan sangat penting tujuan dari Kejurkab Pencak Silat, tentu saja bukan untuk mencari prestasi atau merebutkan kejuaraan, tapi lebih dari itu yang tidak kalah pentingnya, yaitu untuk membentuk karakter pelajar kita, agar lebih memiliki jati diri sebagai anak bangsa yang menyukai budaya kita sendiri.

"Saya optimis bahwa di Kabupaten Kulon Progo ini masih banyak calon-calon atlit pencak silat yang berbakat untuk dilatih menuju atlit berprestasi," ujarnya.

Berharap ada pemikiran-pemikiran baru dalam rangka untuk memajukan cabang olahraga pencak silat khususnya dan cabang olahraga lain pada umumnya ke arah yang lebih baik lagi. MC Kulon Progo/Diah/hry.