BUPATI INGINKAN OPD LAKUKAN INOVASI DAERAH

  • 27 Desember 2019 00:00:00
  • 966 views

Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo melakukan sosialisasi bersama Bappeda dan OPD se Kulon Progo dengan tema Sosialisasi Peraturan Bupati Kulon Progo No. 74 Tahun 2019 tentang Inovasi Daerah. Acara tersebut bertempat di Ruang Adikarto, Kompleks Pemkab Kulon Progo, Kamis (26/12/19).

Sutedjo menyampaikan sosialisasi ini bertujuan agar OPD yang ada di Kulon Progo lebih berinovasi untuk mendukung tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang efisien.

“Kita ketahui bersama bahwa inovasi telah menjadi kebutuhan bagi sebuah proses pemerintahan, baik ditingkat pusat maupun daerah dan inovasi sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.” tutur Sutedjo.

Lebih lanjut, Sutedjo menjelaskan ada tiga kategori inovasi yang harus dijalankan OPD dan pemerintah ditingkat kecamatan.

Kategori tersebut adalah inovasi tata kelola pemerintahan yang programnya meliputi SimoKu, MonevKu, RencanaKu, Simdes, Simpel dan lain sebagainya. Sedangkan di sektor pelayanan publik antara lain Geblek Renteng, PendekarKu, Sedati, dan Kawasan Tanpa Rokok. Lalu disektor yang lain terdapat AirKu, ToMiRa, Gerakan Bedah Rumah, dan Belabeliku.com.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kulon Progo, Ir. Agus Langgeng Basuki mengatakan bahwasanya inovasi dapat mensejahterakan masyarakat.

“Semua bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintah daerah merupakan inovasi yang tujuannya mewujudkan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah, kecamatan, dan desa yang berujung pada kesejahteraan masyarakat.” ujar Langgeng.

Harapannya pada tiga tahun kedepan OPD, Pemerintah Kecamatan, dan BUMD harus menciptakan inovasi dalam kurun waktu tiga tahun. Sementara ditingkat pemerintah desa harus memiliki inovasi dalam kurun empat tahun. MC/Sr/Tcw/Dpp.