ASN Kulon Progo Terpilih Tiga Terbaik The Future Leader Pada Anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN) 2019

  • 12 Maret 2019 00:00:00
  • 745 views

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Republik Indonesia untuk yang kedua kalinya menggelar ajang penghargaan Anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN), di Auditorium TVRI, Jakarta, pada Senin (02/12/2019). Susilo Ratnawati dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo memperoleh penghargaan Adhigana, sebagai tiga terbaik kategori The Future Leader 2019, penghargaan diserahkan langsung oleh Menkes Letjen Terawan Agus Putranto.

Anugerah ASN 2019, terdapat 3 kategori penghargaan yakni PNS Inspiratif, PPT Pratama Teladan, dan The Future Leader. Dalam anugrah ASN 2019 tersebut telah terpilih lima nomine dan akan memperebutkan Piala Adhigana untuk tiga terbaik di masing-masing kategori.

Menpan RB Tjahjo Kumolo dalam sambutannya mengatakan para abdi negara harus siap menciptakan sebuah terobosan bagi masyarakat. Seperti dalam pepatah Jawa Sepi ing pamrih, rame ing gawe. Para ASN yang telah masuk nomine telah membuktikan bahwa bekerja tidak harus dibatasi oleh jam kerja dan manfaatnya  tidak hanya dirasakan oleh instansinya.

"Mengabdikan diri sebagai ASN mampu menciptakan terobosan baru, dapat menangkap peluang perbaikan dan inovasi, kepemimpinan yang efektif dan siap menjadi pemimpin di masa depan,” ujarnya.

Menteri Tjahjo menambahkan kami bangga kepada para ASN peraih penghargaan maupun yang masuk nominasi. “Karena karya – karya ASN menjadi keberkahan untuk Indonesia,” pungkasnya.

Sementara Susilo Ratnawati dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, yang bekerja sebagai Sanitarian Penyelia di UPTD Puskesmas Panjatan II, dia terpilih sebagai tiga terbaik The Future Leader 2019 dengan inovasi Jalin Asmara, dengan program pengadaan jamban di salah satu Desa di Kulon Progo.

“Dengan inovasi tersebut kami menggerakan peran lintas sektor dalam pembangunan kesehatan, terutama akses sanitasi, sehingga Desa yang menjadi wilayah kerja tersebut berhasil meningkatkan akses jamban sehat 100% dan menurunkan angka kejadian penyakit diare sebesar 45,28%,” ujar Susilo Ratnawati ditemui disela penganugrahan.

Dengan terpilihnya Susilo Ratnawati sebagai tiga terbaik The Future Leader 2019 ia berharap agar kedepanya Inovasi ini dapat dikembangkan di semua Pukesmas di wilayah Kulon Progo agar akses sanitasi masyarakat di lebih meningkat.

“Dalam mengabdikan diri untuk masyarakat dapat lebih ikhlas, turut serta membangun dan  memajukan Kulon Progo dalam bidang sanitasi,” pungkasnya.

Selain itu, pengahrgaan yang pernah diraih ialah mendapatkan predikat Tenaga Kesehatan Teladan di Puskesmas Tingkat Nasional pada 2017, Tenaga Kesehatan Teladan Kategori Sanitarian tingkat Kab. Kulon Progo dan tingkat DIY berhasil diraihnya di tahun 2017.

Para nomine telah melewati beberapa tahapan seleksi yakni seleksi administrasi, seleksi tiga tahap, verifikasi lapangan, dan tahapan wawancara. Mereka telah bersaing ketat dengan ASN lainnya yang diusulkan dalam ajang ini.

Pada pembukaan, sebanyak 1.051 usulan ASN dari 281 instansi pemerintah diusulkan dalam Anugerah ASN 2019. Dari usulan yang masuk tersebut, dilakukan seleksi administrasi dan seleksi tahap I kemudian dipilih 100 kandidat terbaik dari ketiga kategori. Pada seleksi tahap II, telah dipilih 10 kandidat terbaik di setiap kategori dan dilakukan verifikasi lapangan.

Selanjutnya, pada seleksi tahap III, dari 10 nomine terbaik dipilih top 5 pada masing-masing kategori. Top 5 di kategori PNS Inspiratif, The Future Leader, dan PPT Pratama Teladan tersebut wajib mengikuti tahapan wawancara. Di malam penganugerahan, akan diumumkan tiga terbaik untuk masing-masing kategori. MC Kulon Progo/hry