Peringatan Hari Pahlawan ke-74 Kabupaten Kulon Progo

  • 10 November 2019 00:00:00
  • 716 views

Kulon Progo – Bupati Kulon Progo, Drs. Sutedjo untuk pertama kalinya memimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-74 di Alun-Alun Wates, Minggu (10/11/2019). Dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kulon Progo, Sekretaris Daerah Kulon Progo, OPD, siswa dan Masyarakat.

Rangkaian upacara diawali dengan pengibaran Sang Merah Putih yang dipimpin oleh Komandan Upacara, AKP Sujarwo, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila, pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, pesan-pesan pahlawan atau kata-kata mutiara, dan diakhiri dengan amanat serta pembacaan doa.

Bupati Kulon Progo membacakan amanat dari Menteri Sosial Republik Indonesia, Juliari P Batubara yang bertema “Aku Pahlawan Masa Kini”, berisikan ajakan kepada Warga Negara Indonesia untuk menjadi pahlawan masa depan dalam bentuk tindakan nyata seperti membantu korban bencana alam, tidak memprofokasi ancaman terhadap ketertiban umum, tidak menyebarkan berita bohong, tidak melakukan tindakan anarkis atau melukai orang atau sebagainya.

Selain itu, Sutedjo juga menyampaikan agar masyarakat mengenang jasa para pahlawan dan melanjutkan perjuangannya. “untuk mengenang kembali serta menghargai jasa-jasa para pahlawan kita sehingga memotivasi kepada kita bahwa sesungguhnya kita harus punya semangat untuk melanjutkan perjuangan pengorbanan Beliau”, terangnya.“Menanamkan kesadaran bahwa kita pun bisa jadi pahlawan, tentu disesuaikan dengan eranya”, imbuh Sutedjo.

Setelah upacara selesai, kegiatan dilanjutkan dengan ziarah yang terbagi menjadi dua rombongan. Rombongan pertama ziarah ke Makam Nyi Ageng Serang di Kalibawang yang dipimpin oleh Bupati Kulon Progo. Sementara rombongan kedua melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Giripeni yang dipimpin oleh Dan Batalyon B Brimob Sentolo.

Masih dalam rangkaian Peringatan Hari Pahlawan Nasional, Bupati Kulon Progo bersilaturahmi dan sekaligus meyerahkan bantuan kepada warga Dusun Sentul, Desa Banjararum Kecamatan Kalibawang atas nama Sdr. Nur Ruswan yang sakit akibat kecelakaan kerja. Harapannya agar bisa sembuh untuk melanjutkan aktifitasnya. “Semoga Mas Nur mendapat pertolongan dari Allah SWT, sehingga bisa diberikan kesehatan”, ujar Sutedjo. MC Kulon Progo/henry