Gebrakan Baru Pemerintah Kabupaten Kulon Progo Dalam Mengoptimalkan Perkembangan BUMDes

  • 26 September 2019 00:00:00
  • 907 views

Kulon Progo (25/9) Pemerintah Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan Seminar Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) se-Kabupaten Kulon Progo yang dilaksanakan pada hari Rabu, 25 September 2019 di Aula Adikarta Komplek Pemkab Kulon Progo.

Sebanyak 120 peserta mengikuti acara ini yang terdiri dari perwakilan pemerintah desa, direktur BUMDes, serta pelaku usaha se-Kabupaten Kulon Progo. Acara ini juga menghadirkan empat narasumber yang berasal dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Balai Besar Diklat Kesejahteraan Sosial, Konsultan BUMDes, dan Pelayanan Pajak Pratama.

“Sekali lagi saya ucapkan terimakasih atas datangnya bapak ibu semua dalam acara seminar BUMDes. BUMDes kali ini mengangkat tema Strategi Pengelolaan dan Pengembangan BUMDes Kulon Progo semoga dapat bermanfaat bagi bapak ibu semua”, ujar Ir. Bambang Tri Harsono, M.M., selaku Asisten Perekonomian Pembangunan dan Sumber Daya Alam.

Tujuan diadakannya acara ini ialah untuk memberikan pandangan dan arahan kepada BUMDes-BUMDes dalam mengelola dan mengembangkan BUMDesnya supaya tetap bertahan sehingga dapat meningkatkan perekonomian desa ataupun daerah.

Menurut Kepala Dinas PMD Dalduk dan KB, Sudarmanto, S.I.P., M.Si mengenai optimalisasi potensi lokal dan pengembangan BUMDes yang perlu ditingkatkan.

“Laporan progress BUMDes yang sudah disampaikan secara transparan ada yang Good Practice ada yang Best Practice ada yang biasa saja bahkan tidak ada laporan sama sekali. Hari ini kita sampaikan bagaimana cara kita memetakan BUMDes sesuai dengan tingkatannya”, ujar Sudarmanto.

Kepala Balai Besar latihan Masyarakat Yogyakarta, Dra. Erlin Chaerlinatun mengatakan bahwa dalam mengelola BUMDes perlu adanya perhatian dalam hal keuangan, tata aturan, perencanaan, dan pertanggung jawaban antar BUMDes dengan Pemerintah Desa.

“Salah satu unggulan jenis usaha di Kulon Progo yaitu terkait dengan Jasa Keuangan tapi kami juga ingin mengingatkan bahwa masih ada jenis usaha lain yang bias dijadikan inspirasi untuk mengembangkan BUMDesnya”, ujar Erlin Chaerlinatun

Diharapkan dengan adanya BUMDes ini dapat melatih kemandirian perekonomian desa serta meningkatkan kesejahteraan warga desa. Untuk itu perlu diadakannya pengelolaan dan pengembangan yang maksimal tiap-tiap BUMDes. MC Kulon Progo/Dhena/Ajeng/hry