Desa Banguncipto siap menang di Lomba PKK Tingkat DIY

  • 22 September 2019 00:00:00
  • 782 views

Kegiatan penilaian lomba Hatinya PKK Tingkat DIY dilaksanakan di Dusun Ploso Desa Banguncipto Kecamatan Sentolo, dihadiri oleh Tim Evaluasi PKK DIY, Ketua beserta Pokja 3 TP PKK Kulon Progo, Forkopimca  dan  TP PKK Desa, Senin (19/9/2019).

Ketua TP PKK Kulonprogo, Dra. Sri Wahyu Widati, sekaligus mewakil Wakil Bupati Kulon Progo mengucapkan terimakasih kepada TIM PKK DIY yang telah berkenan hadir  untuk melaksanakan penilaian.

Selain itu, juga disampaikan bawa karena ini adalah  Hatinya PKK, maka pertemuan tidak dilaksanakan di gedung pertemuan, tapi di halaman pekarangan penduduk. “Karena ini Hatinya PKK, jadi nuwun sewu  Ibu-ibu tidak diterima di gedung pertemuan tapi diterima di pekarangan”, tegasnya. dikarenakan di musim kemarau yang panjang, teman-teman dari Desa sudah maksimal untuk berupaya bagaimana tanaman bisa hidup, harapannya bisa mendapatkan hasil yang optimal.

Sementara Wakil Ketua 3 PKK DIY, Ir. Asiantini, didampingi  Tim berjumlah enam orang dari Pokja 3 PKK DIY  Ibu Heri Sujodo (Ketua), Ibu Kusmini Wardono (Sekretaris), Ibu Sigit, Ibu Wuri Handayani dan Ibu Sri Suprihartiningsih, sehingga penilaiannya pasti tepat.

Kegiatan PKK hanya sebatas di pekarangan yang berpagar ini saja, sehingga musim kemaraupun bisa mengunakan pot yang lebih efisien. “Yang saya nilai adalah pekarangan, hanya tanah disekitar rumah yang diberi batasan pagar”, terangnya.

Asiantini juga berpasan kalau musim hujan, di pekarangan ditanami tanaman sayur yang berusim panjang dan tidak perlu di pot seperti pohon katu, kelor dan buah. Foto tanaman yang lebat juga diperlukan untuk mengisi profil, sehingga bisa ditunjukkan ke Tim penilai. 

Sebagai salah satu materi yang dinilai, Profil PKK Desa Danguncipto disampaikan oleh Ibu Nanik  selaku Sekretasris PKK Desa Banguncipto.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan peninjauan lokasi ke pedukuhan-pedukuhan di Desa Banguncipto dengan didampingi Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kulon Progo, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kulon Progo dan Dinas Kelautan dan Perikanan Kulon Progo. MC Kulon Progo/Henry