Menoreh Night Festival 2019 Hadirkan Bintang Tamu Didik Nini Thowok

  • 03 Juli 2019 15:11:39
  • 779 views

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki banyak potensi wisata unggulan, pemandangan alam yang indah, beberapa destinasi bahkan menjadi tempat favorit bagi wisatawan. Salah satu kegiatan yang menjadi even tahunan dari Provinsi diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata DIY di Kulon Progo yakni Menoreh Night Festival 2019 dari 4 – 7 Juli 2019 di Goa Kiskendo.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo Dra. Niken Probo Laras, S.Sos.,MH saat jumpa Pers dengan awak media yang difasilitasi Dinas Kominfo Kulon Progo di Ruang Glagah, Selasa (2/7/2019).

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini yang sudah beberapa kali dilaksanakan di Kulon Progo, untuk tahun ini memiliki tema berbeda. Sesuai pesan Bupati yakni To be different, karena bupati menginginkan wisata berbasis ideologi dan budaya,” kata Niken.

Niken Probo Laras menambahakan Dinas Priwisata Kulon Progo mendukung penuh dari segi sarana dan prasarananya. Harapanya kegiatan Menoreh Night Festival.di Goa Kiskendo ini menjadi sebuah atraksi yang populer.

Sementara itu, menurut Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Dinas Pariwisata DIY Aria Nugraha, ST, M.Eng, penyelenggaraan Menoreh Night Festival ini merespon adanya dua hal strategis yakni konteks Kulon Progo sebagai destinasi prioritas nasional Borobudur dan keberadaan konektivitas Nasional Air port.

“Yang membedakan acara dari sebelumnya adalah akan lebih menyasar aspek budaya mengangkat konten lokal Menoreh. Selain atraksi, konten – konten Usaha Kecil Menengah (UKM) lokal seperti batik, pembuatan gula kelapa akan ditampilkan dengan proses pembuatannya,” jelas Aria.

Lebih lanjut, Aria menjelaskan acara Menoreh Night Festival dimulai pada 4 – 7 Juli 2019, dengan rangkaian acara dimulai 4 juli 2019 di Plataran Goa Kiskendo yaitu kenduri upacara adat yang diikuti oleh masyarakat, perangkat desa. Pada 5 & 6 Juli 2019, dengan rangkaian acara gugur gunung dan pasar tradisional dengan lapak bambu.

Masyarakat dan penonton akan disuguhkan kesenian Angguk dari Purwosari, pertunjukan musik dari Bulanjingga, tarian dari Omah cangkem, Sendra tari Sugriwo subali dan dimeriahkan dengan bintang tamu Didik Nini Thowok. Di hari terakhir 7 Juli 2019 disi kegiatan kumpul bocah Menoreh dan kesenian incling dari Kokap, sekaligus sebagai penutup rangkaian acara Menoreh Night Festifal 2019.

“Tujuan acara ini adalah memperkenalkan obyek wisata Goa Kiskendo sebagai destinasi yang layak untuk dikunjungi dan mengundang banayk penonton,” pungkas Arya. MC Kulon Progo/Hry